PENGARUH MODEL INVITATION INTO INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA


PUJI AGUS SETIAWAN, 0403514030 (2018) PENGARUH MODEL INVITATION INTO INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL INVITATION INTO INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL INVITATION INTO INQUIRY TERHADAP AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA)
Download (752kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Puji Agus Setiawan. 2018. “Pengaruh Model Invitation Into Inquiry Terhadap Aktivitas Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika”. Tesis. Prodi Pendidikan fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sunyoto Eko N, M.Si., Pembimbing II Dr.Putut Marwoto, M.S. Kata Kunci : Berpikir Kritis Invitation Into Inquiry, Pemahaman Konsep Terdapat kenyataan bahwa fisika mata pelajaran yang rumit yang tidak jauh dari penerapan rumus, dan pendekatan matematis. Invitation into inquiry salah satu model pembelajaran yang menitikberatkan pada pemecahan masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model invitation into inquiry terhadap pemahan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods, metode yang mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 2 Blora tahun pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan uji-t memperoleh nilai signifikansi 0,00 pada peningkatan penguasaan konsep, dan memperoleh nilai signifikansi 0,02 pada kemampuan berpikir kritis, hasil kedua penelitian menunjukkan bahwa , maka Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan indikator berpikir kritis yang paling besar selisih N-gain terdapat pada kemampuan membuat hipotesis. Hasil respon siswa terhadap model invitation into inquiry menunjukkan respon positif, 20,8% siswa menyatakan sangat setuju dan 72% menyatakan setuju. Simpulan dari penelitian ini, menunjukkan bahwa model invitation into inquiry berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Berpikir Kritis Invitation Into Inquiry, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:42
Last Modified: 05 Nov 2020 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41055

Actions (login required)

View Item View Item