STRATEGI PEMASARAN KARYA MUSIK DI ERA DIGITAL STUDI KASUS PADA GRUP MUSIK SENDAU GURAU DI KOTA SEMARANG


Yus Rizal Muhammad, 2501415089 (2020) STRATEGI PEMASARAN KARYA MUSIK DI ERA DIGITAL STUDI KASUS PADA GRUP MUSIK SENDAU GURAU DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PEMASARAN KARYA MUSIK DI ERA DIGITAL STUDI KASUS PADA GRUP MUSIK SENDAU GURAU DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI PEMASARAN KARYA MUSIK DI ERA DIGITAL STUDI KASUS PADA GRUP MUSIK SENDAU GURAU DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Sendau Gurau merupakan salah satu grub band yang berasal dari Kota Semarang produktif dalam berkarya dan menjadikan media digital atau media sosial sebagai sarana utama dalam memasarkan hasil karya musiknya sehingga bisa diterima dan dinikmati oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana strategi pemasaran karya musik grup band Sendau Gurau di era digital ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik pemeriksaan keabsahan data diperiksa dengan metode triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran karya musik yang digunakan oleh oleh grup band Sendau Gurau di era digital adalah memakai dan memaksimalkan media sosial atau strategi internet marketing dimana pengguna internet mendominasi dalam pemasarannya yang sekarang lagi ramai dan banyak diakses oleh banyak orang diantaranya (1) penggunaan media sosial dalam melakukan promosi seperti YouTube, Facebook, Whatsapp, Instagram, (2) konten marketing pembuatan konten untuk bahan promosi yang akan diunggah di media-media sosial berupa foto, video, video musik yang bisa menarik perhatian pengguna media sosial dimanapun berada, (3) mobile marketing pemilihan media sosial yang mudah diakses dengan mudah melalui smartphone yang banyak penggunanya supaya target marketnya sesuai dengan yang sudah direncanakan sehingga tujuan pemasarannya tercapai. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti bagi grup musik Sendau Gurau agar lebih mengembangkan model pemasaran atau konten yang dibuat dan selalu mengikuti gaya pemasaran karya musik di era digital ini untuk kedepannya supaya bisa selalu eksis didunia industri musik nasional dan karya-karyanya bisa dinikmat oleh banyak orang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Karya Musik, Era Digital, Sendau Gurau
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:52
Last Modified: 04 Nov 2020 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41004

Actions (login required)

View Item View Item