KEARIFAN LOKAL UNTUK MITIGASI BENCANA PADA MASYARAKAT RAWAN BENCANA GEMPA, TSUNAMI, LONGSOR, BANJIR DI KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG


Meri Herlina, 0302517008 (2019) KEARIFAN LOKAL UNTUK MITIGASI BENCANA PADA MASYARAKAT RAWAN BENCANA GEMPA, TSUNAMI, LONGSOR, BANJIR DI KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEARIFAN LOKAL UNTUK MITIGASI BENCANA    PADA MASYARAKAT RAWAN BENCANA GEMPA, TSUNAMI, LONGSOR, BANJIR DI KABUPATEN PESISIR BARAT  PROVINSI LAMPUNG]
Preview
PDF (KEARIFAN LOKAL UNTUK MITIGASI BENCANA PADA MASYARAKAT RAWAN BENCANA GEMPA, TSUNAMI, LONGSOR, BANJIR DI KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG)
Download (763kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Herlina, Meri. (2019). Kearifan Lokal Untuk Mitigasi Bencana Pada Masyarakat Rawan Bencana Gempa, Tsunami, Longsor, Banjir Di Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung. Tesis, Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si. Pembimbing II Dr. Juhadi, M.Si. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Gempa, Tsunami, Longsor, Banjir Kearifan lokal merupakan salah satu bentuk mitigasi bencana, dengan adanya kearifan lokal maka dapat meminimalisisr dampak bencana yang terjadi. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengidentifikasi dan menganalisis bentuk kearifan lokal masyarakat Pesisir Barat; 2) Menganalisis strategi adaptasi masyarakat untuk menghadapi bencana. Pendekatan penelitian menggunanakan pendekatan kualitatif, teknik pengambilan sampel snowball sampling, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode, sumber data dan teori. Dan analisis data menggunakan model analisis Spredley yaitu analisis domain, taksonomi, kompensial, dan kultural. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat dua kearifan lokal yaitu Rumah Panggung berada di kawasan Pesisir dan Repong Damar berada di kawasan pegunungan. Kearifan lokal Rumah Panggung berada di Pesisir Barat untuk mitigasi bencana gempa dan tsunami, sedangkan di Kecamatan Pesisir Selatan dijadikan sebagai bentuk mitigasi bencana banjir. Kearifan lokal Repong Damar untuk mitigasi bencana longsor yang terdapat di Kecamatan Way Krui. Kearifan lokal Rumah panggung dijadikan sebagai bentuk mitigasi bencana gempa karena bagian-bagian rumah panggung diperkuat dengan pasak sehingga setiap bagian dari Rumah Panggung saling mendukung untuk mempertahankan konstruksinya terhadap goncangan gempa yang terjadi, selain itu tiang pada Rumah Panggung merupakan pusat kekokohan bangunan karena berasal dari material kelas kuat dan awet; Kearifan lokal Rumah Panggung untuk mitiigasi bencana tsunami karena tiang pada Rumah Panggung mampu meloloskan air laut ketika terjadi tsunami; Kearifan lokal Rumah Panggung untuk mitigasi bencana banjir karena bangunan rumah Panggung memiliki ketinggian 2-3 meter sehingga rumha tidak akan terendam banjir. Kearifan lokal Repong Damar dijadikan sebagai mitigasi bencana longsor karena pohon damar merupakan tanaman keras yang memiliki akar yang besar dan tunjam sehingga dapat menahan laju tanah ketika akan terjadi longsor. 2) Strategi adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat meliputi adaptasi struktural, ekonomi dan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kearifan Lokal, Gempa, Tsunami, Longsor, Banjir
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Disasters
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Geografi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:24
Last Modified: 04 Nov 2020 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40990

Actions (login required)

View Item View Item