JOB SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SMP SWASTA DI BREBES SELATAN
Siti Munajiyah, 0102515009 (2020) JOB SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SMP SWASTA DI BREBES SELATAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Munajiyah, Siti. (2020). Job Satisfactiion Sebagai Mediasi Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru SMP Swasta di Brebes Selatan. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing:1. Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd. Pembimbing II Dr. Murwatiningsih, M.Pd. Kata kunci: Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kompetensi, Job Stisfaction, Kinerja Guru. Kinerja guru adalah hal yang penting untuk tercapainya kualitas pendidikan Indonesia, Kinerja guru yang maksimal merupakan impian bagi semua sekolah, sehinga penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Beberapa faktor yang dikaji: dalam penelitian ini yaitu kepemimpinan, budaya organisasi, kompetensi dan Job Satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja guru melaui Job satisfaction guru SMP swasta di Brebes Selatan. Populasi dalam penelitian adalah guru yang bergelar S.1 berjumlah 108 dan diambil 78 guru sebagai sampel. dengan menggunakan rumus slovin dg e = 6 % (toleransi kesalahan 6%). Teknik sampling yang digunakan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, metode analisis uji instrumen dan metode analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan program SPSS 23.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui job satisfaction, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui job satisfaction, dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui job satisfaction dengan taraf signifikansi sebesar 0.05 atau 5%. Artinya bahwa kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan kompetensi naik akan mempengaruhi naiknya Job satisfaction sehingga akan meningkat pula kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dikemukakan beberapa saran antara lain; (1) guru sebagai agent of change pendidikan seyogyanya terus meningkatkan kinerja guru di mulai dari perencanaaan, pelaksanaan dan evaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemajuan pendidikan Indonesia; (2) sekolah seyognyanya memiliki pemimpin, budaya organisasi dan kompetensi guru yang baik sehingga guru akan merasa puas, semakin tinggi tingkat kepuasan maka akan meningkatkan kinerja guru; 3) penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan dalam melakukan penelitian berikutnya, terutama mengenai kinerja guru dengan menggunakan faktor-faktor yang mempengaruhinya: kepemimpinan, budaya organisasi, kompetensi, dan job satisfaction
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kompetensi, Job Stisfaction, Kinerja Guru. |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > L Education (General) > Education Management |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 07:09 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 14:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40986 |
Actions (login required)
View Item |