MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI ISLAM (STUDI KASUS DI SMP DAAR EN NISA ISLAMIC SCHOOL)


Kiki Yuniar, 0102517003 (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI ISLAM (STUDI KASUS DI SMP DAAR EN NISA ISLAMIC SCHOOL). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI ISLAM  (STUDI KASUS DI SMP DAAR EN NISA ISLAMIC SCHOOL)]
Preview
PDF (MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI ISLAM (STUDI KASUS DI SMP DAAR EN NISA ISLAMIC SCHOOL)) - Submitted Version
Download (983kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yuniar. Kiki. 2019. “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam di SMP Daar en Nisa Islamic School Bogor”. Tesis. Program Studi Manajamen Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.Pembimbing I Prof. Dr. Soesanto M.Pd., Pembimbing II Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd. IPM. Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Karakter, Nilai Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi pendidikan karakter di sekolah yang masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengawasan serta (4) keefektifan pendidikan karakter di SMP Daar en Nisa Islamic School. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method strategi model campuran tidak berimbang dengan metode kualitatif sebagai metode primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter berbasis nilai Islam di SMP Daar en Nisa Islamic School dilakukan melalui perumusan visi dan misi sekolah, program kegiatan, desain kebijakan dan sosialisasi pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai Islam dilaksanakan melalui kegiatan berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat. Pendidikan karakter berbasis kelas dilaksanakan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter pada seluruh mata pelajaran. Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan guru dan pengkondisian sekolah. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan di SMP Daar en Nisa Islamic School mencakup nilai-nilai utama karakter bangsa yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni religius (keimanan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, toleransi dan cinta lingkungan), nasionalis; mandiri (disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan kreatif); gotong royong (kerjasama dan solidaritas), dan integritas (jujur dan santun). Pengawasan pendidikan karakter dilaksanakan oleh staf kesiswaan, pembina OSIS dan ROHIS, serta wali kelas dengan saling bekerja sama melalui sistem penambahan dan pengurangan poin yang ditangani secara berjenjang dimulai dari wali kelas hingga kepala sekolah. Efektivitas manajemen pendidikan karakter berdasarkan keterlaksanaan program PPK di SMP Daar en Nisa Islamic School tergolong efektif dengan tingkat efektivitas sebesar 76% yang terdiri dari perencanaan 78% (efektif), pelaksanaan 72% (efektif), dan pengawasan 75% (efektif).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Karakter, Nilai Islam.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Islamic Value
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:49
Last Modified: 04 Nov 2020 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40976

Actions (login required)

View Item View Item