IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MAPEL IPS SISWA KELAS III SDN 01 TANJUNG KARANG KUDUS


Devy Rusmia Sari, 0103517186 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MAPEL IPS SISWA KELAS III SDN 01 TANJUNG KARANG KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MAPEL IPS SISWA KELAS III SDN 01 TANJUNG KARANG KUDUS]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MAPEL IPS SISWA KELAS III SDN 01 TANJUNG KARANG KUDUS)
Download (695kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sari, Devy Rusmia. 2019. Implementasi model problem based learning menggunakan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 01 Tanjung Karang Kudus. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Eko Handoyo, M.Si., Pembimbing II Dr. Awalya,M.Pd,Kons. Kata kunci: Problem based learning, Mind mapping, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan berpikir kreatif, Prestasi belajar. Pendidikan harus membekali siswa dengan kemampuan-kemampuan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang siswa hadapi. Akan tetapi permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menggunakan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Rumusan masalah yaitu terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis pada siswa yang menerapkan model problem based learning menggunakan mind mapping dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional menggunakan mind mapping. Terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang menerapkan model problem based learning menggunakan mind mapping dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional menggunakan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis, perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif, dan perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan model problem based learning menggunakan mind mapping dengan model konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Sampel terdiri 50 siswa dari 2 SD di Kecamatan Jati. Pengumpulan data terdiri dari tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat penelitian, meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan, uji beda rata-rata dan uji N-gain. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran model problem based learning menggunakan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPS, (2) terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model problem based learning menggunakan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPS siswa melalui implementasi model pembelajaran problem based learning menggunakan mind mapping

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem based learning, Mind mapping, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan berpikir kreatif, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:52
Last Modified: 04 Nov 2020 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40955

Actions (login required)

View Item View Item