ANALISIS KARAKTER POSITIF DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL
Betty Widya Asri, 0103516046 (2019) ANALISIS KARAKTER POSITIF DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KARAKTER POSITIF DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Asri, A. W. Betty. 2018. “Analisis Karakter Positif dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio-Visual”. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dr. Khomsun Nurhalim, M.Pd. Pembimbing II. Dr. Purwadi Suhandini, S.U. Kata Kunci: Audio-visual, Hasil Belajar, Karakter Positif, PKn, Talking Stick Model pembelajaran talking stick berbantuan media audio-visual ini untuk menganalisis karakter positif dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur peningkatan karakter positif siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dengan menggunakan model talking stick berbantuan media audio-visual; (2) membandingkan hasil belajar siswa pada kelas III MI Asas Islam Kalibening Salatiga yang memperoleh pembelajaran model talking stick berbantuan media audio-visual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) menganalisis efektivitas pembelajaran dengan model talking stick berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan yaitumixed method dengan desain concurrent embedded. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Asas Islam Kalibening Salatiga. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data karakter positif diperoleh dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil tes hasil belajar dianalisis dengan uji ketuntasan rata-rata dan klasikal serta N-gain. Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan karakter positif siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model talking stick berbantuan media audio-visual yaitu nilai rata-rata hasil perhitungan Prestest karakter positif siswa kelas III MI Asas Islam Kalibening Salatiga kelas eksperimen sebesar 8 dan nilai rata-rata postesnya sebesar 11, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil pretestnya sebesar 8 dan postesnya sebesar 9. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran model talking stick berbantuan media audio-visual yaitu rata-rata hasil perhitungan prestest hasil belajar kelas eksperimen sebesar 61 dan nilai rata-rata postesnya sebesar 83. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil pretestnya sebesar 62 dan postesnya sebesar 76.Pembelajaran dengan model talking stick berbantuan media audio-visual terbukti efektif terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan terbukti dengan N-gain hasil belajar sebesar N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,76. Simpulan penelitian adalah penerapan model Talking Stick berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan karakter positif dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Audio-visual, Hasil Belajar, Karakter Positif, PKn, Talking Stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 04:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 04:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40944 |
Actions (login required)
View Item |