ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SD PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) PENDEKATAN PMRI


TRINIL WIGATI, 0103516006 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SD PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) PENDEKATAN PMRI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA  SD PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) PENDEKATAN PMRI]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SD PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) PENDEKATAN PMRI) - Submitted Version
Download (8MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wigati Trinil. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pendekatan PMRI. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Komsentrasi PGSD. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Wardono, M.Si., Pembimbing II Dr. Eko Purwanti, M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, PMRI, Literasi Matematika. Rendahnya kemampuan literasi matematika pada siswa dikarenakan kekurangmampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang terkait dengan dunia nyata. Proses pembelajarannyapun masih kurang terkait dengan kehidupan sehari- hari,oleh karena itu salah satu model pembelajaran yang terkait adalah CTL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas model pembelajaran CTL pendekatan PMRI terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas V SD serta mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SD. Jenis penelitian ini adalah mixed method untuk menganalisis data kuantitatif guna menguji kualitas model pembelajaran CTL pendekatan PMRI dan data kualitatif untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika. Yang dilaksanakan di SDN Panggung Kidul 01 dengan 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa SDN Panggung Kidul 02 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL pendekatan PMRI berkualitas dapat mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dan rata- rata kemampuan literasi matematika siswa lebih tinggi dibandingkan dengan model ekspositori. Dibuktikan dari hasil ketuntasan klasikal nilai z_(hitung >) z_((0,5-∝)) sebesar 2,065>0,4678. Jadi, proporsi siswa yang mendapat pembelajaran CTL pendekatan PMRI telah lebih dari 75%. Sedangkan analisis data kemampuan literasi matematika siswa pada kelompok atas memiliki kemampuan yang baik dalam menyatakan ide matematika, mengubah permasalahan menjadi model matematika, menggunakan strategi, simbol dan alat dengan benar dan mampu membuat kesimpulan, sedangkan siswa pada kelompok sedang memiliki kemampuan yang baik dalam menyatakan ide matematika, mengubah permasalahan menjadi model matematika, menggunakan strategi, simbol dan mampu membuat kesimpulan tetapi kurang mampu dalam menyederhanakan masalah dengan membuat gambar yang menggunakan alat, sedangkan siswa kelompok bawah memiliki kemampuan yang baik dalam menyederhanakan masalah dengan membuat gambar yang menggunakan alat, namun kurang mampu dalam merefleksi pendapat dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, PMRI, Literasi Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:05
Last Modified: 04 Nov 2020 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40931

Actions (login required)

View Item View Item