PENGARUH KEGIATAN LITERASI DAN READ ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI
Lely Diah Eko Priyantini, 0103515037 (2020) PENGARUH KEGIATAN LITERASI DAN READ ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KEGIATAN LITERASI DAN READ ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI)
- Submitted Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Priyantini. Lely Diah Eko. 2020. “Pengaruh Kegiatan Literasi dan Read Aloud terhadap Keterampilan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sarwi, M.Si., Pembimbing II Dr. Amin Yusuf, M.Si. Kata Kunci: literasi, read aloud, bahasa reseptif. Salah satu keterampilan yang memegang peran penting dalam perkembangan bahasa anak merupakan keterampilan bahasa reseptif. Idealnya seorang anak memperoleh stimulasi agar perkembangan bahasa reseptif anak dapat berkembang. Namun, selama ini rangsangan terhadap perkembangan bahasa reseptif anak masih jarang dilakukan. Peningkatan keterampilan bahasa reseptif anak dipengaruhi intervensi dari orangtua maupun guru, yaitu dapat dilakukan melalui kegiatan literasi maupun read aloud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan literasi dan read aloud terhadap keterampilan bahasa reseptif anak usia dini. Sampel pada penelitian ini berjumlah 138 anak usia dini, yang berasal dari 4 sekolah di Kota Purwokerto yaitu TK Diponegoro 173, TK Aisyiyah XV, dan TK Al Irsyad Purwokerto, PAUD Wadas Kelir. Sampel yang terlibat pada penelitian ini telah bersedia dan memperoleh persetujuan dari orangtua dan guru untuk terlibat dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Skor keterampilan bahasa reseptif anak, kegiatan literasi, dan read aloud diperoleh melalui observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi dan read aloud memiliki pengaruh terhadap keterampilan bahasa reseptif. Pengaruh kegiatan literasi terhadap keterampilan bahasa reseptif sebesar 24,50%. Adapun pengaruh kegiatan read aloud terhadap keterampilan bahasa reseptif sebesar 32,49%. Kegiatan literasi dilakukan supaya anak memiliki kemampuan dalam menggunakan informasi tertulis maupun lisan. Sedangkan, kegiatan read aloud dapat menarik perhatian anak sehingga anak dapat menyimak informasi secara baik. Anak yang memiliki keterampilan bahasa reseptif mampu memahami informasi baik tertulis maupun lisan. Semakin baik implementasi kegiatan literasi dan semakin baik implementasi read aloud maka semakin baik keterampilan bahasa reseptif anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: literasi, read aloud, bahasa reseptif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 02:37 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 02:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40920 |
Actions (login required)
View Item |