BERMAIN DAN PERMAINAN “MPA’A TAPA GALA” TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI
Alvan Hazhari, 0103516075 (2018) BERMAIN DAN PERMAINAN “MPA’A TAPA GALA” TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (BERMAIN DAN PERMAINAN “MPA’A TAPA GALA” TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Alvan Hazhari.. 2018. “Bermain dan Permainan Mpa’a Tapa Gala terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Sularti Dewanti Handayani, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sunarto, S.sn,. M. Hum. Kata Kunci: Bermain, Permainan Mpa’a Tapa Gala, Motorik kasar. Permainan Mpa’a tapa gala tradisional merupakan permainan regu yang terdiri dari dua kelompok bermain dan kelompok penjaga. Permainan mpa'a tapa gala telah dimodifikasi untuk melihat peningkatan, hasil dan hubungan diantara kedua permainan yang diterapkan pada mpa'a tapa gala tradisional dan modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan, hasil dan hubungan pada permainan mpa’a tapa gala tradisional dan modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar pada gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B1 sebanyak 10 anak dan kelas B2 sebanyak 10 anak. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mix method dengan desain penelitian eksplanatoris sekuensial design. Hasil penelitian pada analisis kuantitatif permainan mpa’a tapa gala tradisional dan modifikasi menunjukan terdapat nilai yang positif atau signifikan dari gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dilihat dari peningkatan, hasil dan hubungan yang dilakukan lewat uji statistik menggunakan SPSS. Sedangkan hasil analisis kualitatif pada permainan mpa’a tapa gala tradisional dan modifikasi menunjukan terdapat perkembangan yang baik dilihat dari data observasi dan wawancara yang dilakukan setelah dilaksanakan permainan mpa’a tapa gala terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini pada gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Saran dalam penelitian ini, diharapkan guru dapat menggunakan permainan mpa’a tapa gala sebagai media untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar dan diharapkan sekolah dapat terus mengembangkan permainan tradisional daerah khusunya permainan mpa’a tapa gala baik dalam kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler dalam upaya memperkenalkan budaya luhur yang telah pudar kepada anak untuk media permainan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bermain, Permainan Mpa’a Tapa Gala, Motorik kasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 07:55 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 07:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40907 |
Actions (login required)
View Item |