STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MEMBANGUN MORAL PESERTA DIDIK DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG


Yeni Anggraini, 0102516010 (2019) STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MEMBANGUN MORAL PESERTA DIDIK DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MEMBANGUN MORAL PESERTA DIDIK DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN MEMBANGUN MORAL PESERTA DIDIK DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG) - Submitted Version
Download (827kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Anggraini, Yeni., 2019. “Strategi dalam Meningkatkan Karakter Disiplin dan Membangun Moral Peserta Didik di SMK Cut Nya’ Dien Semarang”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof.Dr.Tri Joko Raharjo, M.Pd., pembimbing II Dr. Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Strategi, Disiplin dan moral. Strategi pembelajaran kooperatif adalah mengelompokkan peserta didik di dalam kelas ke dalam suatu kelompok kecil agar siswa dapat bekerja sama dengan kemampuan maksimal yang mereka miliki dan mempelajari satu sama lain dalam kelompok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian dan evaluasi strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan karakter disiplin dan membangun moral peserta didik di SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian diperoleh dari kepala sekolah, waka kurikulum bidang kurikulum, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Kota Semarang dengan sasaran penelitian adalah SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Teknik pengujian keabsahan data yang digunakan adalah pemeriksaan teman sejawat, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan strategi pengelolaan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan karakter disiplin dan membangun moral peserta didik di SMK Cut Nya’ Dien Semarang dimulai dengan perencanaan dimulai pembuatan visi, misi dan tujuan sekolah, strategi pembelajaran kooperatif, penentuan fasilitas dan penentuan jadwal. Pelaksanaan dilakukan dengan sistem pembagian jadwal di tahun ajaran baru, untuk strategi pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw dan dimasukkan didalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi strategi pengelolaan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan karakter disiplin dan membangun moral peserta didik di SMK Cut Nya’ Dien Semarang melalui evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Disiplin dan moral.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:40
Last Modified: 03 Nov 2020 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40889

Actions (login required)

View Item View Item