EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK GAME SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF DAN SELF ESTEEM SISWA SMK NEGERI 1 TRENGGALEK


VIVI YUNIAR FITRIANI, 0105511045 (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK GAME SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF DAN SELF ESTEEM SISWA SMK NEGERI 1 TRENGGALEK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK GAME SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF DAN SELF ESTEEM SISWA SMK NEGERI 1 TRENGGALEK]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK GAME SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF DAN SELF ESTEEM SISWA SMK NEGERI 1 TRENGGALEK)
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fitriani, Vivi Yuniar. 2018. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Game Simulation untuk Meningkatkan Perilaku Asertif dan Self Esteem Siswa SMK Negeri 1 Trenggalek. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1 Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo., M.Pd, Kons. Pembimbing II Dr. Edy Purwanto, M.Si Kata kunci: bimbingan kelompok, game simulation, perilaku asertif, self esteem Kekurangmampuan siswa untuk mengungkapkan secara tegas apa yang tidak sesuai atau kurang tepat sesuai dengan hati nuraninya terwujud dengan berbagai permasalahan pribadi sosial yang muncul. Masih ada siswa yang malu-malu mengekspresikan kemampuan di depan umum padahal siswa tersebut mampu untuk melakukannya, membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik game simulation untuk meningkatkan perilaku asertif dan self esteem siswa SMK. Metode penelitian adalah eksperimen menggunakan desain one group pretest –post test dengan melibatkan 10 siswa yang mempunyai perilaku asertif dan self esteem rendah sebagai anggota kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan perilaku asertif siswa sebelum diberikan teknik game simulation sebesar 84,40 (SD 14,05), menjadi 148,50 (SD 8,57; t(10) = 12,29, p<0,01). Ada peningkatan self esteem siswa sebelum diberikan teknik game simulation sebesar 102,80 (SD 6,124), menjadi 130,80 (SD 5,90; t(10) = 8,89, p<0,01). Penelitian ini menegaskan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik game simulation dapat diaplikasikan untuk meningkatkan perilaku asertif dan self esteem siswa. Berdasarkan hasil saran ditujukan kepada: (1). Konselor sekolah hendaknya menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik game simulation, karena model ini setelah diuji cobakan efektif untuk meningkatkan perilaku asertif dan self esteem siswa SMK. Konselor sekolah diharapkan mampu menerapkan bimbingan kelompok menggunakan game simulation asertif sesuai dengan petunjuk pelaksanaan sehingga siswa tertarik mengikuti game simulation tersebut. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menginovasi teknik game simulation tidak hanya menggunakan manual lembaran permainan. Namun bisa dikembangkan dengan berbasis android ataupun game secara online sehingga memudahkan siswa menggunakannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bimbingan kelompok, game simulation, perilaku asertif, self esteem
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:59
Last Modified: 03 Nov 2020 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40852

Actions (login required)

View Item View Item