KEEFEKTIFAN PENERAPAN LESSON STUDY DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BANJARAN KABUPATEN PURBALINGGA
Jaunda Anggitia Putri, 1401416448 (2020) KEEFEKTIFAN PENERAPAN LESSON STUDY DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BANJARAN KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN LESSON STUDY DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BANJARAN KABUPATEN PURBALINGGA)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran adalah guru masih kurang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Lesson Study ini yang akan menjadikan peserta didik lebih tertarik dan lebih memperhatikan materi dalam proses pembelajaran, karena perhatian inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga timbul rangsangan belajar pada diri peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan Lesson Study ditinjau dari minat dan hasil belajar Tema 7 Subtema 1 peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Banjaran Kabupaten Purbalingga. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pesertta didik kelas IV MI Muhammadiyah Banjaran Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 50 peserta didik yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA dan IVB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas V MI Muhammadiyah Banjaran Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Independent Samples T Test dan One Sample T Test. Hasil analisis data untuk uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (2,314 > 2,010) atau signifikansi ˂ 0,05 (0,025 ˂ 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari minat belajar menggunakan One Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel (3,993 > 1,711). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (3,923 > 2,010) atau signifikansi ˂ 0,05 (0,000 ˂ 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari hasil belajar menggunakan One Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel (6,406 > 1,711). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lesson Study efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar Tema 7 Subtema 1 peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Banjaran Kabupaten Purbalingga. Disarankan guru hendaknya menggunakan Lesson Study agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Lesson Study; minat Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:22 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 02:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40835 |
Actions (login required)
View Item |