KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 TOYAREKA KABUPATEN PURBALINGGA


Uswatun Khasanah, 1401416436 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 TOYAREKA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 TOYAREKA KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 TOYAREKA KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (31MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Media pembelajaran Augmented Reality ini berbentuk aplikasi yang akan lebih menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, karena perhatian inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga timbul rangsangan belajar pada diri siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media pembelajaran Augmented Reality ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika materi jaringjaring bangun ruang siswa kelas V SDN 1 Toyareka Kabupaten Purbalingga. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Toyareka Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 43 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SDN 1 Panican Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Independent Samples T Test dan One Sample T Test. Hasil analisis data untuk uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (2,072 > 2,019) atau signifikansi ˂ 0,05 (0,045 ˂ 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari minat belajar menggunakan One Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel (3,692 > 1,721). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (2,151 > 2,019) atau signifikansi ˂ 0,05 (0,037 ˂ 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari hasil belajar menggunakan One Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel (3,019 > 1,721). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Augmented Reality efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Toyareka Kabupaten Purbalingga. Disarankan guru hendaknya menggunakan media Augmented Reality agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Augmented Reality; Minat Belajar, Pembelajaran Matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:18
Last Modified: 03 Nov 2020 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40832

Actions (login required)

View Item View Item