PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENYIMAK DONGENG PADA KELAS III SDN 1 MAYAHAN


Fera Kusumaningrum, 1401416419 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENYIMAK DONGENG PADA KELAS III SDN 1 MAYAHAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENYIMAK DONGENG PADA KELAS III SDN 1 MAYAHAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENYIMAK DONGENG PADA KELAS III SDN 1 MAYAHAN) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas III SD dalam menyimak dongeng. Hal ini terjadi karena kurangnya ketersediaaan media interaktif di sekolah yang memadai sehingga kurang mendukung pembelajaran menyimak dongeng. Selain itu, guru belum menggunakan media interaktif dalam penyampaian materi, serta belum menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kreatif dalam menyimak dongeng. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis android untuk kelas III SD, yaitu (1) menghasilkan media interaktif berbasis android, (2) menguji kelayakan media interaktif berbasis android, dan (3) menguji keefektifan media interaktif berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Waterfall yang tahapannya terdiri atas: analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa, guru, ahli, dan peneliti.Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes: pretest dan postest, serta teknik non-tes yaitu dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini hasil yang diperoleh yaitu dihasilkan aplikasi “dongengku” melalui langkah-langkah analysis, design, implementation, testing, dan maintenance dengan spesifikasi teknologi yang dalam penggunaanya menggunakan smartphone serta terdapat empat menu yaitu kompetensi, materi, evaluasi, dan profil. Rata-rata nilai siswa sebelum mendapat perlakuan (pretest) yaitu 51,11 dan setelah mendapat perlakuan (postest) yaitu 81,11. Persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,9%. Hasil penilaian kelayakan media interaktif berbasis andoid dari ahli materi diperoleh kriteria sangat layak dengan presentase sebesar 87,50% dan ahli media diperoleh kriteria sangat layak dengan presentase sebesar 97,50%. Kesimpulannya media interaktif berbasis android layak dan efektif digunakan sebagai media penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menyimak dongeng, terlihat dari hasil uji perbedaan rata-rata dengan thitung sebesar 9,784 lebih besar dari ttabel yang hanya 2,052. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,63, sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis android efektif meningkatkan keterampilan siswa menyimak dongeng.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media interaktif berbasis android; menyimak dongeng; model Group Investigation (GI).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:10
Last Modified: 03 Nov 2020 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40824

Actions (login required)

View Item View Item