ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019
Rizki Santika, 1401416416 (2020) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan wawancara dengan penyusun soal Ujian Sekolah mata pelajaran IPS, diperoleh informasi bahwa soal Ujian Sekolah mata pelajaran IPS SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019 tersebut telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal secara logis rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ujian Sekolah mata pelajaran IPS SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 261 lembar jawab peserta didik. Sumber data penelitian ini yaitu Kepala UPPD Kecamatan Margadana Kota Tegal, penyusun soal, guru kelas VI SD Negeri Dabin II menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik validitas isi menurut Gregory, pencocokan jenjang ranah kognitif dan penerapan soal HOTS. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Test Analysis Program (TAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal terdapat 21 (42%) butir soal berkategori mengingat (C1), 29 (58%) butir soal berkategori memahami (C2), dan 0 (0%) butir soal berkategori menerapkan (C3). Hasil analisis penerapan HOTS pada butir soal, menunjukkan bahwa tidak ditemukan soal HOTS. Ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 43 (86%) butir soal berkategori valid dan 7 (14%) butir soal berkategori tidak valid. Ditinjau dari aspek reliabilitas, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,785. Artinya, soal tersebut memiliki reliabilitas yang tinggi. Ditinjau dari aspek tingkat kesukaran, terdapat 0 (0%) butor soal berkategori sulit, 29 (58%) butir soal berkategori sedang, dan 21 (42%) butir soal berkategori mudah. Ditinjau dari aspek daya pembeda, terdapat 13 (26%) butir soal berkategori jelek, 6 (12%) butir soal berkategori sedang, 17 (34%) butir soal berkategori baik, dan 14 (28%) butir soal berkategori baik sekali. Ditinjau dari aspek efektivitas pengecoh, terdapat 24 (48%) butir soal berkategori efektif dan 26 (52%) butir soal berkategori tidak efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan pada soal Ujian Sekolah mata pelajaran IPS SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019. Disarankan kepada penyusun soal, sebaiknya mengalisis butir soal sebelum soal diujikan, khususnya analisis logis rasional, yang meliputi validitas isi dan tingkat kesukarannya agar soal yang disusun dapat lebih berkualitas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Ujian Sekolah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:04 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 02:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40822 |
Actions (login required)
View Item |