PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN ORIENTASI MASA DEPAN MELALUI MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES


Nur Hanifah MF, 0701516018 (2018) PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN ORIENTASI MASA DEPAN MELALUI MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN ORIENTASI MASA DEPAN  MELALUI MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN ORIENTASI MASA DEPAN MELALUI MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES) - Submitted Version
Download (635kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hanifah MF, Nur. 2018. “Pengaruh Sosial Ekonomi Keluarga dan Orientasi Masa Depan melalui Motivasi Diri Siswa Kelas XII SMA Negeri di Kabupaten Brebes”, Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Rusdarti, M.Si., Pembimbing II Dr. Amin Pujiati, M.Si. Kata Kunci : Sosial Ekonomi Keluarga, Orientasi Masa Depan, Motivasi Diri Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Pendidikan tinggi diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam menghadapi tantangan kehidupan global. Peran pendidikan tinggi sangat penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga perubahan yang begitu cepat dapat di respon oleh produk pendidikan, karena itu siswa perlu menempuh pendidikan tinggi untuk dapat meningkatkan kualitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sosial ekonomi keluarga dan orientasi masa depan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi melalui motivasi diri sebagai variabel mediasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan study cross section. populasi sebanyak 5.247 siswa, dengan teknik proportional cluster random sampling diperoleh ukuran sampel sebanyak 372 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan keperguruan tinggi 9,5% dan pengaruh total sosial ekonomi keluarga terhadap minat ke perguruan tinggi melalui motivasi diri sebesar 12,3%, ada pengaruh langsung orientasi masa depan terhadap minat ke perguruan tinggi 10% dan ada pengaruh total orientasi masa depan terhadap minat ke perguruan tinggi melalui motivasi diri sebesar 25,8%. Pengaruh total lebih besar dari pengaruh langsung, sehingga disimpulkan ada mediasi antara sosial ekonomi keluarga dan orientasi masa depan sebagai variabel independen terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Hasil Uji Sobel menyatakan bahwa koefisien mediasi signifikan maka motivasi diri terbukti memediasi pengaruh sosial ekonomi keluarga dan orientasi masa depan terhadap minat ke perguruan tinggi. Saran penelitian ini diharapkan orang tua dapat meningkatkan kondisi sosial ekonomi keluarganya dan siswa memiliki orientasi masa depan yang semakin baikserta motivasi diri yang kuatsehingga minat siswa untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi akan semakin kuat juga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sosial Ekonomi Keluarga, Orientasi Masa Depan, Motivasi Diri Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:49
Last Modified: 02 Nov 2020 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40805

Actions (login required)

View Item View Item