STRATEGI PENGEMBANGAN UKM TENUN IKAT PADA PAGUYUBAN TENUN TROSO DI DESA TROSO KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA
Nur Chayyi, 0712515004 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN UKM TENUN IKAT PADA PAGUYUBAN TENUN TROSO DI DESA TROSO KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN UKM TENUN IKAT PADA PAGUYUBAN TENUN TROSO DI DESA TROSO KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA)
- Submitted Version
Download (934kB) | Preview |
Abstract
Chayyi, Nur. 2019.” Strategi Pengembangan UKM Tenun Ikat Troso pada Paguyuban Tenun Troso di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara”. Tesis. Progam Studi Ilmu Ekonomi. Progam Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Etty Soesilowati, M.Si. Pembimbing II Dr. Amin Pujiati, S.E, M.Si. Kata Kunci: Tenun Ikat Troso, Strategi, B/C Ratio, SWOT. UKM Tenun ikat Troso merupakan industri unggulan kedua kabupaten jepara yang nilainya pada tahun 2015 mencapai Rp. 570.932.805.000 Mampu menyerap tenaga kerja 11.087 orang dengan jumlah unit usaha mencapai 724 unit yang hanya tersebar di satu desa. Kain tenun Troso merupakan produk yang bertempat di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Permasalahan dalam penelitian ini adalah harga bahan baku relatif naik, harga jual cenderung turun, menurunnya nilai produksi tenun ikat troso, dan berkurangnya tenaga terampil. Tujuan dalam penelitian ini adalah menggambarkan profil paguyuban Tenun Troso, menganalisis biaya dan manfaat UKM Tenun Ikat Troso pada Paguyuban Tenun Troso serta membuat strategi pengembangan usaha guna mengatasi kendala-kendala yang dihadapi oleh UKM Tenun Ikat Troso pada Paguyuban Tenun Troso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 pengusaha tenun ikat Troso. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, net B/C ratio, dan analisis SWOT. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan analisis biaya dan manfaat diperoleh nilai Benefit/Cost Ratio sebesar 1,17. Hasil strategi SWOT dari segi kekuatan yaitu mampu merespon permintaan pasar secara cepat, dari segi kelemahan yaitu kurangnya informasi pasar yang berdampak pada kurangnya strategi pemasaran, dari segi peluang yaitu produk mampu diterima masyarakat luas dan dari segi ancaman adalah produk pesaing lebih kompetitif. Saran bagi UKM tenun ikat pada paguyuban Tenun Troso adalah Menjaga kerjasama antar anggota UKM Tenun ikat pada Paguyuban Tenun Troso dapat meminimalisir kendala-kendala seperti bahan baku, biaya produksi serta pemasaran serta peningkatan penguasaan media sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Tenun Ikat Troso, Strategi, B/C Ratio, SWOT. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 07:45 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 07:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40804 |
Actions (login required)
View Item |