PERAN SELF CONTROL DALAM MEMODERASI PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, HEDONIC SHOPPING VALUE DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING


Ari Fatihatul Hidayah, 0701516007 (2019) PERAN SELF CONTROL DALAM MEMODERASI PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, HEDONIC SHOPPING VALUE DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN SELF CONTROL DALAM MEMODERASI PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, HEDONIC SHOPPING VALUE DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING]
Preview
PDF (PERAN SELF CONTROL DALAM MEMODERASI PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, HEDONIC SHOPPING VALUE DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING) - Submitted Version
Download (947kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hidayah, Ari Fatihatul. 2019. Peran Self Control dalam Memoderasi Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Value dan Positive Emotion Terhadap Impulsive Buying. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Agus Wahyudin, M. Si dan Dr. Muhsin, M.Si Kata kunci : Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Value, Positive Emotion dan Self Control. Terdapat lebih dari setengah dari total komsumen pernah melakukan pembelian tidak terencana di mall berdasarkan data Point of Purchase Advertising Institute. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen sangat mudah terpengaruh oleh stimulus yang diberikan oleh penjual sehingga melakukan pembelian tanpa pertimbangan, hal ini terjadi karena konsumen kurang memiliki pengendalian diri. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengidentifikasi dari perilaku pembelian tidak terencana siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah impulsive buying (Y1), self control (Z), shopping lifestyle (X1), fashion involvement (X2), hedonic shopping value (X3), dan positive emotion (X4). Populasi penelitian berjumlah 719 orang siswa dan sampelnya berjumlah 257 orang siswa. Teknik samplingnya menggunakan probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan moderated analysis regression. Hasil analisis regresi moderasi menunjukkan pengaruh secara langsung hedonic shopping value terhadap impulse buying, tidak terdapat pengaruh secara langsung shopping lifestyle terhadap impulse buying, fashion involvement terhadap impulse buying dan positive emotion terhadap impulse buying. Secara tidak langsung self control memoderasi shopping lifestyle terhadap impulse buying. Secara tidak langsung self control tidak memoderasi fashion involvement terhadap impulse buying. Secara tidak langsung self control memoderasi hedonic shopping value terhadap impulse buying. Secara tidak langsung self control tidak memoderasi positive emotion terhadap impulse buying. Artinya siswa sebaiknya membuat daftar belanja sebelum melakukan pembelian sehingga dapat disesuaikan dengan finansial yang dimiliki, melakukan evaluasi yang didasarkan pada kriteria keperluan dan evaluasi terhadap konsekuensi yang mungkin ditimbulkan, selain itu diharapkan kepada siswa untuk lebih meningkatkan kontrol diri

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Value, Positive Emotion dan Self Control.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Lifestyle
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:25
Last Modified: 02 Nov 2020 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40800

Actions (login required)

View Item View Item