PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PEMANFAATAN CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR JARINGAN HEWAN
Tyas permana , 4401405090 (2010) PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PEMANFAATAN CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR JARINGAN HEWAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PEMANFAATAN CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR JARINGAN HEWAN)
- Updated Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Tanjung, kelas XI IPA 2 adalah kelas yang memiliki tingkat keaktifan siswa yang rendah dibanding kelas yang lain. Rata-rata nilai ulangan akhir semester mata pelajaran biologi yaitu 62,6. Rata-rata tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh SMA Negeri 1 Tanjung yaitu sebesar 65. Keadaan ini disebabkan oleh beberapa masalah antara lain pembelajaran kurang menarik sehingga motivasi, minat, dan aktivitas belajar siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang mengaktifkan siswa adalah pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model TAI dengan pemanfaatan Chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada pembelajaran struktur jaringan hewan di SMA Negeri 1 Tanjung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanjung. Faktor yang diteliti adalah aktivitas siswa, hasil belajar siswa, serta kinerja guru selama proses pembelajaran menggunakan model Team Assisted individualization dengan pemanfaatan Chart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa, observasi kinerja guru dan test tertulis (Post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 52,5% pada siklus I, 65% pada siklus II dan 87,5% pada siklus III, serta meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dari 59,82 pada siklus I, pada siklus II 66,97, dan pada siklus III 73,7. Tingkat keaktifan siswa juga meningkat dari 63,98% pada siklus I, 72,2% pada siklus II, dan 77,98% pada siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Team assisted Individualization dengan pemanfaatan media Chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI materi struktur jaringan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Individualization, Chart, Struktur Jaringan Hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 17 Sep 2011 02:45 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4080 |
Actions (login required)
View Item |