PERBEDAAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION DITINJAU DARI JENIS KELAMIN


Ike Septiani Pertiwi, 1511415041 (2020) PERBEDAAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1511415041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Individu pada masa dewasa awal umumnya menjalani hubungan romantis sebagai proses untuk memilih pasangan hidup dalam rangka memenuhi salah satu tugas perkembangannya yaitu membangun rumah tangga atau menikah. Karakteristik yang menonjol dalam suatu hubungan romantis yaitu adanya keintiman atau physical intimacy. Physical intimacy seringkali dilakukan oleh pasangan romantis di ruang publik, yang dikenal dengan istilah Public Display of Affection (PDA). Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak ditemui di berbagai platform media sosial yang digunakan sebagai wadah untuk melakukan PDA. Perbedaan berdasarkan jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan dapat menyebabkan perbedaan perilaku, minat serta harapan, termasuk juga dalam perbedaan penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan motif penggunaan media sosial sebagai sarana Public Display of Affection ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Sampel penelitian berjumlah 350 subjek dengan teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala motif penggunaan media sosial yang terdiri dari 33 aitem valid dengan koefisien reliabilitas α=0,806. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang melatarbelakangi penggunaan media sosial sebagai sarana Public Display of Affection antara lakilaki dan perempuan berbeda. Uji hipotesis dilakukan dengan Wilcoxon Mann U Whitney dengan taraf signifikansi 0,000 (α < 0,05). Hasil olah data menunjukkan bahwa tipologi motif yang melatarbelakangi penggunaan media sosial sebagai sarana PDA pada laki-laki yaitu hubungan personal dengan perbandingan mean sebesar 26,8488 dan perempuan dengan mean sebesar 24,5281. Sedangkan motif yang dominan pada perempuan dalam melatarbelakangi penggunaan media sosial sebagai sarana PDA yaitu hiburan dengan perbandingan mean sebesar 26,5000 dan laki-laki dengan mean sebesar 28,4663.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motif, Media Sosial, Public Display of Affection, Jenis Kelamin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:20
Last Modified: 27 Oct 2020 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40710

Actions (login required)

View Item View Item