KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI SISWA KELAS II SD GUGUS WAHID HASYIM KENDAL
Novika Gigih Nugraheni, 1401416197 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI SISWA KELAS II SD GUGUS WAHID HASYIM KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil identifikasi di SD yang ada pada Gugus Wahid Hasyim Kendal, diperoleh informasi bahwa skor keterampilan menulis kembali siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal karena guru tidak menerapkan model pembelajaran yang tepat dalam mendukung peningkatan keterampilan menulis kembali siswa. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan model think talk write (TTW) terhadap keterampilan menulis kembali siswa kelas II SD Gugus Wahid Hasyim Kendal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling, diperoleh SDN Sendang Sikucing dengan 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Gempolsewu dengan 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal dan tes akhir kelas eksperimen dan kontrol memiliki distribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen 70,76, sedangkan kelas kontrol 61,76. Artinya rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 2,439 > ttabel 1,675, artinya nilai keterampilan menulis kembali kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selanjutnya, rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen 0,4014 (kategori sedang) lebih besar dibandingkan kelas kelas kontrol 0,1744 (kategori rendah). Artinya kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah model TTW efektif meningkatkan keterampilan menulis kembali dongeng binatang siswa kelas II SD Gugus Wahid Hasyim Kendal. Saran bagi guru adalah model TTW dapat dijadikan sebagai pilihan utama dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis kembali.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model think talk write; keterampilan menulis kembali |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 06:38 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 06:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40693 |
Actions (login required)
View Item |