KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SRONDOL KULON 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG
Trisna Amalia Putri, 1401416255 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SRONDOL KULON 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SRONDOL KULON 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian dari kegiatan wawancara, observasi dan studi dokumentasi di SDN Srondol Kulon 02 Kota Semarang pada siswa kelas IV terdapat beberapa masalah diantaranya dalam pembelajaran IPS dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media Powerpoint efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang?. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Kecamatan banyumanik Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang dengan sampel yang terdiri dari 39 siswa kelas IVA SDN Srondol Kulon 02 (kelas kontrol) dan 37 siswa kelas IVB SDN Srondol Kulon 02 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada ttabel (3,594>1,993) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil perhitungan uji n-gain menunjukkan peningkatan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai n-gain dengan kategori sedang sebesar 0,5621 dan kelas kontrol memperoleh nilai n-gain dengan kategori rendah sebesar 0,2820. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media Powerpoint efektif digunakan terhadap hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia sehingga hasil belajar meningkat. Saran penelitian ini adalah hendaknya guru memperhatikan pemilihan penerapan model pembelajaran sehingga siswa aktif dan hasil belajar optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Teaching, Powerpoint, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 04:07 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 04:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40671 |
Actions (login required)
View Item |