PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEER ASSESSMENT SIKAP SOSIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP


Maria Gerrin Windrianti, 0106513011 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEER ASSESSMENT SIKAP SOSIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN  PEER ASSESSMENT SIKAP SOSIAL  MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEER ASSESSMENT SIKAP SOSIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Windrianti, Maria Gerrin. 2018. Pengembangan Instrumen Peer Assessment Sikap Sosial Mata Pelajaran Matematika SMP. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II: Dr. Saiful Ridlo, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Penilaian Sikap Sosial, Peer Assessment, Pembelajaran Matematika. Sikap sosial merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam proses penerapan Kurikulum 2013. Sikap sosial meliputi aspek jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan tanggung jawab Instrumen sikap sosial yang dikembangkan akan digunakan melalui peer assessment. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial melalui peer assessment pada mata pelajaran matematika SMP yang valid, reliabel dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu penelitian pengembngan oleh Sugiyono yang dimodifikasi tanpa tahapan uji coba massal (diseminasi). Validitas isi intrumen diuji oleh tiga ahli di bidangnya, skor yang diberikan oleh ahli diuji menggunakan V indeks dan reliabilitasnya dengan ICC. Uji coba skala kecil untuk mengetahui butir yang valid di uji dengan pearson correlation dan alpha cronbach untuk reliabilitasnya. Uji coba skala besar validitas konstruk diuji menggunakan Confirmatory Factor Analysis 2nd Order dan reliabilitasnya dengan formula Construct Reliability. Hasil penelitian dari validasi ahli didapat 35 butir yang valid dengan validitas di 0,813 dengan reliabilitas sebesar 0,708. Uji coba skala kecil dengan 52 responden, didapat 27 butir valid dengan koefisisen >0,3 dan reliabilitasnya 0,805. Pada uji coba skala besar didapat 25 butir valid dengan koefisien > 0,3, validitas konstruk memiliki estimasi faktor loading (λ) > 0,30. Hasil uji menggunakan SEM memenuhi Godness of Fit. Hasil analisis yang didapat adalah RMSEA menunjukkan nilai 0,017 (≤ 0,08); GFI menunjukkan nilai 0,87; AGFI menunjukkan nilai 0,84 (≥0,80); dan RMSR menunjukkan nilai 0,041 (≤0,05). Uji kepraktisan dari 3 responden guru matematika menyatakan praktis digunakan dengan skor angket > 21. Instrumen peerassessment sikap sosial dengan 25 butir pernyataan yaitu 4 pernyataan sikap jujur, 4 pernyataan sikap disiplin, 5 pernyataan sikap santun, 4 pernyataan sikap percaya diri, 4 pernyataan sikap peduli, dan 4 pernyataan sikap tanggung jawab dinyatakan valid, reliabel, dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Penilaian Sikap Sosial, Peer Assessment, Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:55
Last Modified: 27 Oct 2020 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40670

Actions (login required)

View Item View Item