PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI MATEMATIKA BERBASIS KONSERVASI MATERI GEOMETRI KELAS IV


Kakung Prasetyo, 0106516005 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI MATEMATIKA BERBASIS KONSERVASI MATERI GEOMETRI KELAS IV. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI MATEMATIKA BERBASIS KONSERVASI MATERI GEOMETRI KELAS IV]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI MATEMATIKA BERBASIS KONSERVASI MATERI GEOMETRI KELAS IV) - Submitted Version
Download (695kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: instrumen tes, konservasi, geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, menganalisis validitas, reliabilitas, dan kepraktisan instrument literasi matematika berbasis konservasi materi geometri kelas IV SD. Instrumen bermanfaat untuk dijadikan sebagai alat untuk mengukur literasi matematika siswa dan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Metode penelitian ini menggunakan teknik Penelitian dan Pengembangan R & D. Prosedur penelitian meliputi (1) studi pendahuluan; (2) Perencanaan; (3) pengembangan model hipotetik; (4) Penelaahan model hipotetik; (5) Revisi I; (6) uji coba terbatas; (7) Revisi II; (8) Uji coba luas; (9) Revisi model akhir. Sampel yang digunakan untuk penelitian sejumlah 30 peserta didik untuk uji skala kecil dan 119 peserta didik untuk uji skala besar. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan instrumen dinyatakan valid secara isi sebesar 0,60. Estimasi reliabilitas ICC antar penilai sebesar 0,809. Uji skala kecil menunjukkan nilai KMO sebesar 0,653 dan Barteletts tes sig. 0.000. Namun terdapat 1 butir yang memiliki nilai MSA < 0,5. Uji skala besar menunjukkan nilai KMO sebesar 0,685 dan Bartlett’s Test sig. 0.000. Seluruh butir memperoleh nilai MSA > 0,5. Instrumen membentuk 3 komponen. Nilai Eigenvalues komponen 1 sebesar 3.273, komponen 2 sebesar 2.585, dan komponen 3 sebesar 1,562. Faktor 1 terdiri atas butir 4, 6, dan 8 diberi nama Kemampuan menghitung keliling bangun datar, factor 2 terdiri atas butir 3, 5, dan 7 diberi nama Kemampuan menghitung luas bangun datar, dan faktor 3 terdiri atas butir 1 dan 2 diberi nama Kemampuan mengidentifikasi bangun datar. Estimasi reliabilitas instrumen pada uji skala kecil sebesar 0,817 dan skala besar 0,790. Uji kepraktisan mendapat skor sebesar 226. Simpulan penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan terbukti valid, reliabel dan praktis. Valid secara isi berdasar penilaian ahli. Valid secara konstruk dengan membentuk 3 faktor. Reliabel berdasarkan uji empiris. Instrumen terbukti Sangat praktis berdasar penilaian guru. Saran penelitian ini untuk guru dapat menggunakan instrumen ini dalam mengukur hasil belajar materi geometri agar menghasilkan pengukuran yang mudah dan tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: instrumen tes, konservasi, geometri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:33
Last Modified: 27 Oct 2020 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40665

Actions (login required)

View Item View Item