MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI ISLAM DENGAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA MTs


Nurul Listiyani, 0105512002 (2018) MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI ISLAM DENGAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA MTs. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI ISLAM DENGAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA MTs]
Preview
PDF (MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI ISLAM DENGAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA MTs)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Listiyani, Nurul. 2018, Model Bimbingan Kelompok berbasis nilai islam dengan Teknik Simulasi untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Siswa MTs Negeri di Kabupaten Kudus. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M. Pd, Kons., II. Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd. Kata Kunci: bimbingan kelompok berbasis nilai islam, teknik simulasi, komunikasi interpersonal, Persoalan yang ada adalah rendahnya komunikasi interpersonal siswa MTs negeri di kabupaten Kudus. Untuk itu guru BK telah melakukan bimbingan kelompok tetapi hal tersebut belum efektif sehingga perlu dikembangkan model bimbingan kelompok berbasis nilai islam dengan teknik simulasi dengan harapan dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok tingkat MTs Negeri di kabupaten Kudus; (2) Mendeskripsikan aspek kompetensi komunikasi interpersonal; (3) Menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis nilai islam dengan teknik simulasi untuk meningkatkan kompetensi komunikasi interpersonal; (4) Mengetahui tingkat keefektifan model bimbingan kelompok berbasis nilai islam dengan teknik simulasi untuk meningkatkan kompetensi komunikasi interpersonal Pendekatan penelitian menggunakan metode research and development (R&D) dengan langkah-langkah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba terbatas model bimbingan kelompok berbasis nilai islam dengan teknik simulasi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Subjek uji coba adalah kelas VII MTs Negeri 1 kudus tahun pelajaran 2014/ 2015. Pada tataran teknis dilakukan sebagai berikut : Metoda analisis deskriptif, metode partisipatif kolaboratif dan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian (1) Pelaksanaan bimbingan kelompok kurang optimal dan perlu adanya upaya untuk mengoptimalkan layanan bimbingan kelompok; (2) Komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh berbagai aspek komunikasi interpersonal; (3) Hasil pengembangan model bimbingan kelompok berbasis nilai islamuntuk meningkatkan komunikasi interpersonal, yang terdiri dari: rasional, visi dan misi, tujuan, isi, pendukung sistem, prosedur pelaksanaan, topik/ materi, tujuan dan teknik; (4) Hasil secara umum dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai islam dengan teknik simulasi efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa, karena ditemukan bahwa uji t = -14,930 >t table 5 % = 2,262, maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t table. Saran yang diberikan pemimpin kelompok dari teman sebaya yang terlatih dan kompeten atau guru BK yang akrab dengan siswa, harapannya siswa lebih terbuka sehingga model yang dikembangkan lebih efektif serta perlu dilakukan penelitian dengan subjek eksperimen dan ckntrol yang diberi perlakuan sehingga dapat membandingkan keefektifan antar kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: bimbingan kelompok berbasis nilai islam, teknik simulasi, komunikasi interpersonal,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:16
Last Modified: 27 Oct 2020 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40661

Actions (login required)

View Item View Item