KEEFEKTIFAN AGGRESSION REPLACEMENT TRAINING DAN KONSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS PADA SISWA DENGAN KECENDERUNGAN GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1 TOBOALI


Nidya Juni Parti, 0106517015 (2019) KEEFEKTIFAN AGGRESSION REPLACEMENT TRAINING DAN KONSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS PADA SISWA DENGAN KECENDERUNGAN GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1 TOBOALI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN AGGRESSION REPLACEMENT TRAINING DAN KONSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS PADA SISWA DENGAN KECENDERUNGAN GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1 TOBOALI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN AGGRESSION REPLACEMENT TRAINING DAN KONSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS PADA SISWA DENGAN KECENDERUNGAN GAME ONLINE DI SMA NEGERI 1 TOBOALI)
Download (681kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Parti, Nidya Juni. 2019. “Keefektifan Aggression replacement training dan Konseling Motivational interviewing untuk Mereduksi agresivitas pada siswa dengan kecenderungan game online di SMA Negeri 1 Toboali”. Tesis. Program Studi Bimbingan konseling Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons., Pembimbing II Mulawarman, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Kata kunci: aggression replacement training, motivational interviewing, agresivitas, game online. Maraknya keberadaan game online di zaman sekarang menyebabkan penggunanya menjadi kecanduan dalam penggunaan game online. Sehingga salah satu dampak dari adiksi game online tersebut adalah munculnya perilaku agresif pada penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Aggression replacement training dan konseling Motivational interviewing dalam mereduksi agresivitas pada siswa yang mengalami adiksi game online. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest dengan menggunakan pengukuran berulang (repeated measure). Subjek penelitian berjumlah 12 siswa yang mengalami tingkat agresi tinggi yang dipilih berdasarkan hasil studi awal peneliti dengan menggunakan kuesioner Agresi dari Buss & Perry (1992). Subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan intervensi yang dilakukan, yaitu kelompok Aggression replacement training dan konseling Motivational interviewing. Aggression replacement training dilakukan sebanyak 10 sesi selama 3 minggu, dan konseling Motivational interviewing dilakukan sebanyak 4 sesi untuk masing-masing konseli. Data diambil menggunakan instrumen agresivitas hasil adaptasi dari Buss & Perry (1992) (α =,91). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum Aggression replacement training dan konseling Motivational interviewing efektif dalam mereduksi agresivitas pada siswa dengan kecenderungan game online. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa layanan konseling dengan pendekatan motivational interviewing lebih efektif dalam menurunkan agresivitas siswa daripada aggression replacement training. Hasil interaksi dari kedua intervensi tersebut juga diketahui bahwa penurunan agresivitaas yang terjadi pada kelompok MI lebih besar daripada dari kelompok ART (F(3,27) = 10,107, dengan sig (p) = 0,002 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aggression replacement training dan konseling motivational interviewing efektif dan konsisten untuk menurunkan agresivitas, tetapi konseling motivational interviewing mengalami penurunan agresivitas yang lebih besar daripada aggression replacement training.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: aggression replacement training, motivational interviewing, agresivitas, game online.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Psychological Distress
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:58
Last Modified: 27 Oct 2020 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40655

Actions (login required)

View Item View Item