PENGEMBANGAN INSTRUMEN BIMBINGAN KARIER MELALUI ADAPTASI SKALA CAREER ADAPT-ABILITIES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SEKABUPATEN TEMANGGUNG


Muhammad Fauzi Purwoko, 0105514020 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN BIMBINGAN KARIER MELALUI ADAPTASI SKALA CAREER ADAPT-ABILITIES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SEKABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN BIMBINGAN KARIER MELALUI ADAPTASI SKALA CAREER ADAPT-ABILITIES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SEKABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN BIMBINGAN KARIER MELALUI ADAPTASI SKALA CAREER ADAPT-ABILITIES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SEKABUPATEN TEMANGGUNG)
Download (716kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Purwoko, Muhammad Fauzi. Pengembangan Instrumen Bimbingan Karier Melalui Adaptasi Skala Career Adapt Abilities Scale pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Kabupaten Temanggung. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd. Kons. Pembimbing II Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si. Kata Kunci : Instrumen, Adaptasi, Skala, Adaptabilitas, Karier. Adaptabilitas karier merupakan bentuk kesiapan seseorang untuk mengerjakan tugas yang dapat diprediksi, melakukan perencanaan, dan berperan aktif terhadap perubahan cara dan kondisi kerja. Kemampuan adaptablitas karier diperlukan siswa untuk melakukan perubahan diri tanpa kesulitan saat menghadapi dinamika karier. Untuk mengukur kemampuan adaptabilitas karier diperlukan instrument yang valid dan reliabel. Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) merupakan salah satu skala yang paling banyak digunakan untuk menilai kemampuan adaptabilitas karier di berbagai negara. Skala adaptabilitas Karier terdiri dari empat subskala, masing- masing dengan enam aitem. Subskala mengukur perhatian, kontrol, rasa ingin tahu, dan kepercayaan diri sebagai sumber psikososial untuk mengelola transisi pekerjaan, tugas perkembangan, dan trauma kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi skala CAAS ke dalam bahasa Indonesia dan melihat validitas dan reliabilitas skala CAAS versi bahsa Indonesia. Proses adaptasi meliputi (1) memahami indikator keperilakuan tes asli, (2) menerjemahkan skala, (3) menguji keterbacaan, (4) menguji daya beda aitem, (4) estimasi validitas dan reliiabilitas hasil ukur. Responden penelitian ini sebanyak 797 siswa yang berasal dari SMK Kabupaten Temanggung dengan rentang usia subjek 15-20 tahun. Hasil analisi CFA menunjukkan nilai loading factor (λ) untuk masing-masing variabel manifest lebih besar dari 0,5. Ini berarti bahwa masing-masing variabel dinyatakan valid dalam membentuk konstruk, sedangkan hasil uji reliabilitas skala sebesar 0,933. Berdasarkan hasil pengujian tersebut instrument CAAS versi bahasa Indonesia memiliki konstruk validitas dan reliabilitas yang baik. Skala hasil adaptasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai instrument assesment bimbingan karier di sekolah menengah kejuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Instrumen, Adaptasi, Skala, Adaptabilitas, Karier.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:50
Last Modified: 27 Oct 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40650

Actions (login required)

View Item View Item