STUDI PEMIKIRAN AJARAN RADEN NGABEHI RONGGOWARSITO DALAM PERSPEKTIF KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY


Muhammad Misbahul Huda, 0105516068 (2019) STUDI PEMIKIRAN AJARAN RADEN NGABEHI RONGGOWARSITO DALAM PERSPEKTIF KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI PEMIKIRAN AJARAN RADEN NGABEHI RONGGOWARSITO DALAM PERSPEKTIF KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY]
Preview
PDF (STUDI PEMIKIRAN AJARAN RADEN NGABEHI RONGGOWARSITO DALAM PERSPEKTIF KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Huda, Muhammad Misbahul. 2019. “Studi Pemikiran Ajaran Raden Ngabehi Ronggowarsito dalam Perspektif Konseling Rational Emotive Behavior Theraphy”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I. Sunawan, S. Pd., M. Si.,Ph.D., Pembimbing II. Prof. Dr. Muhammad Japar, M. Si., Kons. Kata Kunci: konseling, REBT, raden, ngabehi, ronggowarsito Konselor seringkali mengalami permasalahan adaptasi dengan konseli yang memegang teguh kebudayaan lokal. Sehingga tidak semua pendekatan/ teknik konseling ramah dan cocok untuk digunakan pada kebudayaan lokal. Konseling akan lebih efektif jika konselor memahami latar belakang kebudayaan konseli. Maka perlu seorang konselor memiliki sensifitas dan keahlian adaptasi budaya dalam praktek konseling, sehingga tercipta konseling yang ramah budaya. Salah satu teknik yang berpotensi mampu beradapasi dengan kebudayaan lokal adalah Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT). Sedangkan tokoh yang diangkat dalam penelitian ini adalah Raden Ngabehi Ronggowarsito. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang penerapan konseling REBT yang ramah terhadap budaya Jawa, khususnya pada penganut ajaran Raden Ngabehi Ronggowarsito. Adapun bahasan dalam penelitian ini: 1. Meneliti keterkaitan ajaran Raden Ngabehi Ronggowarsito dengan konseling REBT, 2. Mengetahui contoh konseling individu dengan teknik REBT berwawasan Raden Ngabehi Ronggowarsito, 3. Mengetahui implikasi dari konseling REBT berwawasan Raden Ngabehi Ronggowarsito. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif discourse analysis. Sumber utama yang menjadi kajian penelitian adalah karya master peace dari Raden Ngabehi Ronggowarsito, antara lain: Serat Wirid Hidayat Jati, Serat Kalatidha, Serat Sabda Djati, Serat Sabda Tomo, Serat Joko Lodhang, Serat Jayengbaya, Serat Wedharaga. Ajaran Raden Ngabehi Ronggowarsito selalu mengikutsertakan moral dan spiritualitas dalam berkehidupan, termasuk menjadikannya ciri utama dalam nalar rasionalitas, sehingga rasionalitas yang terbentuk menjadi rasionalitas yang relevan dalam kebudayaan Jawa. Penelitian ini belum menjalani uji keefektifan konseling REBT berwawasan Raden Ngabehi Ronggowarsito, sehingga peneliti selanjutnya perlu mengadakan penelitian lanjutan tentang 1. Mengembangkan instrumen untuk mengukur fenomena lokal/ efektifitas penerapan konseling ramah budaya; 2. Merancang penelitian pengembangan/ baru pada budaya lokal; 3. Membangun teori-teori lokal untuk intervensi konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: konseling, REBT, raden, ngabehi, ronggowarsito
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:40
Last Modified: 27 Oct 2020 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40644

Actions (login required)

View Item View Item