KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK SELF-TALK DAN TEKNIK STRES INOCULATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN EUSTRES SISWA


M. ZUHDI ZAINUL MAJDI, 0105516032 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK SELF-TALK DAN TEKNIK STRES INOCULATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN EUSTRES SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK SELF-TALK DAN TEKNIK STRES INOCULATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN EUSTRES SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK SELF-TALK DAN TEKNIK STRES INOCULATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN EUSTRES SISWA)
Download (753kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Majdi, M Zuhdi Zainul. (2019). “Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Therapy Teknik Self-Talk dan Teknik Stres Inoculation Training untuk Meningkatkan Eustres Siswa”. Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Dr. Edy Purwanto. M.Si. Pembimbing II, Sunawan P.hD. Kata Kunci: konseling kelompok cognitive behavior therapy, teknik self-talk, teknik stres inoculation training, eustres Eustress adalah respon positif individu terhadap stress dalam menilai situasi sebagai potensi untuk meningkatkan kesejahteraan. Ketika eustress (stres yang berdampak baik) dialami seseorang, maka terjadilah peningkatan kinerja dan kesehatan. Sebaliknya ketika seseorang mengalami distress (stres yang berdampak buruk), maka mengakibatkan semakin buruknya kinerja, kesehatan dan timbul gangguan hubungan dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik self-talk dan stres inoculation training untuk meningkatkan eustres siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen menggunakan two factorial eksperiment 2x2 dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 28 siswa yang dipilih secara random asigment dari 142 siswa SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan skala brief measures of positive and negative affect, antonovsky’s sense of coherence scale short version, the state hope scale dengan tingkat reliabilitas koefisien alpha cronbach (0.836, 0.703, 0.801). Hasil analisis menggunakan mix anava ; unvariate (N=28) menunjukkan bahwa, konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik self-talk efektif untuk meningkatkan eustres (F (3.24)=32.22, p<0.01, η2p=0.57), teknik stres inoculation training efektif untuk meningkatkan eustres siswa (F (3.24)=30.59, p<0.01, η2p=0.56), terdapat perbedaan tingkat keefektifan pada level yang sama antara teknik self-talk dan stres inoculation training dilihat dari rerata, teknik self-talk (M=91.35, SD=2.78) dan teknik stress inoculation training (M=96.14, SD=1.07), Hasil menunjukan bahwa efek dari teknik stress inoculation training lebih efektif dalam meningkatkan tingkat eustres siswa. Selanjutnya terdapat efek intraksi dari teknik self-talk dan stres inoculation training untuk meningkatkan eustres siswa (F(3.24)=14.32, p<0.01, η2p=0.37). Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik self-talk dan stres inoculation training efektif untuk meningkatkan eustres siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dikembangkan kembali dengan karakteristik subjek penelitian berdasarkan jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: konseling kelompok cognitive behavior therapy, teknik self-talk, teknik stres inoculation training, eustres
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > discipline
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:27
Last Modified: 27 Oct 2020 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40641

Actions (login required)

View Item View Item