PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS X SMA 1 KUDUS


HANUM SALIMAH, 0105513039 (2018) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS X SMA 1 KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS X SMA 1 KUDUS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS X SMA 1 KUDUS)
Download (701kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Salimah, Hanum. 2018. “Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbantuan Multimedia Interaktif di Kelas X SMA 1 Kudus”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing: I. Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons., Pembimbing II. Mulawarman, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: informasi karir, multimedia interaktif Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis pelaksanaan layanan informasi karir, (2) menghasilkan model layanan informasi karir berbantuan multimedia interaktif yang memiliki akseptabilitas, (3) mengetahui keefektivan model layanan informasi karir berbantuan multimedia interaktif. Penelitian ini adalah penelitian reseach and development (R&D) dengan langkah-langkah: (1) persiapan pengembangan model, (2) merumuskan model hipotetik, (3) uji kelayakan model hipotetik, (4) perbaikan model hipotetik, (5) uji lapangan, (6) hasil akhir produk. Menghasilkan model layanan informasi berbantuan multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan design penelitian One Group Pretest-posttest design. Subjek penelitian diambil secara acak (random sampling), dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang kebutuhan layanan informasi karir siswa sebelum dan sesudah penggunaan layanan informasi berbantuan multimedia interaktif dengan menggunakan android, dengan hasil rata-rata 109,71 lebih besar dibandingkan 86,89. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan layanan informasi berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang terdapat didalamnya mampu meningkatkan kebutuhan layanan informasi karir di kelas X SMA Negeri 1 Kudus. Saran bagi guru Bimbingan dan Konseling hendaknya mengoptimalkan pelaksanaan layanan informasi karir dengan cara berkoordinasi dengan personil sekolah, baik dengan guru mata pelajaran, wali kelas, guru bidang kesiswaan, orang tua siswa. Bagi sekolah diharapkan dapat memberikan dukungan, dan atau fasilitas kepada guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan layanan informasi karir berbantuan multimedia interaktif. Peneliti selanjutnya bisa mengkaji ulang penelitian ini pada pokok bahasan yang berbeda sesuai kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: informasi karir, multimedia interaktif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:48
Last Modified: 26 Oct 2020 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40621

Actions (login required)

View Item View Item