HUBUNGAN ANTARA LONELINESS DAN SHYNESS DENGAN PROBLEMATIC SMARTPHONE USE MELALUI PERSEPSI DIRI SEBAGAI MEDIATOR


Eka Mustika Sunanjar, 0105516052 (2018) HUBUNGAN ANTARA LONELINESS DAN SHYNESS DENGAN PROBLEMATIC SMARTPHONE USE MELALUI PERSEPSI DIRI SEBAGAI MEDIATOR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA LONELINESS DAN SHYNESS DENGAN PROBLEMATIC SMARTPHONE USE MELALUI PERSEPSI DIRI SEBAGAI MEDIATOR]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA LONELINESS DAN SHYNESS DENGAN PROBLEMATIC SMARTPHONE USE MELALUI PERSEPSI DIRI SEBAGAI MEDIATOR)
Download (942kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sunanjar, Mustika, E. 2018. “Hubungan antara Loneliness dan Shyness dengan Kecenderungan Problematic Smartphone Use Melalui Persepsi Diri Sebagai Mediator”. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Mulawarman, P.hD. Pembimbing II Dr. Edy Purwanto, M.Si. Kata Kunci : Loneliness, Shyness, Problematic Smarthone Use, Persepsi Diri Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan loneliness dan shyness melalui variabel mediator yaitu persepsi diri dengan PSU. Desain penelitian ini menggunakan korelasi eksplanatorik dengan sampel berjumlah 320 responden yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan R-UCLA Loneliness Scale versi 3, Revised Cheek and Buss Shyness Scale (RCBS) Short version, Smartphone Addiction Scale Short Version dan Adolescents Self-perception Short Scale. Tekhnik analisis menggunakan bootstrapping bias-corrected. Hasil penelitian menunjukkan bahwa loneliness memiliki hubungan yang signifikan dengan persepsi diri dengan nilai ( . Shyness memiliki hubungan yang signifikan dengan persepsi diri dengan nilai ( 0,1789; p<0,05). Loneliness memiliki hubungan yang signifikan dengan PSU dengan nilai ( = 0,2590; p<0,05). Shyness memiliki hubungan yang signifikan dengan PSU dengan nilai ( = 0,2923; p<0,05). Loneliness melalui persepsi diri memiliki hubungan signifikan dengan PSU dengan nilai = 0,0697; p<0,05). Shyness melalui persepsi diri memiliki hubungan dengan PSU dengan nilai = 0,0775; p<0,05). Serta persepsi diri memiliki hubungan signifikan dengan PSU dengan nilai (ß =0,479; p<0,05). Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu masing-masing variabel memiliki hubungan yang signifikan dengan PSU melalui Persepsi diri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat loneliness dan shyness pada siswa melalui persepsi diri negatif maka akan diikuti skor yang tinggi pula pada kecenderungan PSU pada siswa. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan model penelitian atau variabel lain yang belum dibahasa dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Loneliness, Shyness, Problematic Smarthone Use, Persepsi Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Attitude
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Personality
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:34
Last Modified: 26 Oct 2020 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40617

Actions (login required)

View Item View Item