EFIKASI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL


AYU PERNAMA, 0105516016 (2018) EFIKASI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFIKASI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL]
Preview
PDF (EFIKASI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL)
Download (845kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pernama, Ayu. 2018. “Efikasi Konseling Kelompok Cognitive Behavior teknik self-instruction untuk Meningkatkan Harga Diri dan Kepercayaan diri Siswa Pengguna Media Sosial”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons., Pembimbing II Mulawarman, Ph. D. Kata Kunci: Konseling kelompok cognitive behavior, elf-Instruction, harga diri, kepercayaan diri Penggunaan media sosial yang berlebihan berdampak negatif dalam kehidupan interpersonal dan salah satunya berkurangnya interaksi sosial secara langsung yang berdampak pada rendahnya harga diri dan kepercayaan diri individu. Harga diri berpengaruh terhadap kepercayaan diri individu remaja. Pentingnya harga diri pada kalangan remaja, terkait erat dengan dampak negatif jika mereka tidak memiliki harga diri yang mantap. Individu akan mengalami kesulitan dalam menampilkan perilaku sosialnya. Pendekatan cognitive behavior terdapat salah satu teknik yang dapat membantu klien menjadi sadar diri untuk bisa bicara pada diri nya sendiri. Salah satu teknik tersebut adalah self-instruction, pendekatan yang melibatkan identifikasi keyakinan-keyakinan disfungsional yang dimiliki seseorang dan mengubahnya menjadi realistis, serta melibatkan teknik-teknik modifikasi perilaku. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis efikasi penerapan konseling kelompok cognitive behavior teknik self-instruction untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri siswa pengguna media social di SMP Negeri 13 Semarang. Penelitian menggunakan desain pretest and multiple posttest rancangan repetead measure ANAVA dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 14 orang yang dipilih secara purposive dari 130 siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang. Hasil menunjukan bahwa, konseling kelompok CBT teknik self- instruction efektif untuk meningkatkan harga diri (F (2,12) = 101.28, ƞp² = = 0.94, p < 0.01) dan konseling kelompok CBT teknik self-instruction efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri (F (2,12) = 168.11, ƞp² = 0.96, p > 0.01). Terdapat efek waktu dapat mempengaruhi efikasi konseling Cognitive Behavior teknik self- instruction pada masing-masing kelompok, terdapat interaksi yang signifikan antara waktu (pre-test, post-test, dan follow-up) pada kelompok harga diri sebesar (M = 161.09, SE = 4.24) dan pada kelompok percaya diri sebesar (M = 85.71, SE = 4.24). Selanjutnya terdapat perbedaan tingkat keefektifan dari teknik self instruction terhadap kelompok ekperimen harga diri dengan kelompok eksperimen kepercayaan diri. Lebih lanjut dalam penelitian ini diperoleh data bahwa teknik self instruction lebih efektif untuk meningkatkan harga diri dari pada kepercayaan diri ( MD = 75.38, SE = 6.00). Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk penelitian selanjutnya bukan hanya berfokus pada kognitif melainkan pada aspek perilaku dan mengambil populasi dan sampel yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling kelompok cognitive behavior, elf-Instruction, harga diri, kepercayaan diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:04
Last Modified: 26 Oct 2020 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40613

Actions (login required)

View Item View Item