EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DENGAN KASUS MENYONTEK


ARNI WIJAYANTI, 0105511046 (2018) EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DENGAN KASUS MENYONTEK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS KONSELING  RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR TEKNIK REINFORCEMENT  UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DENGAN KASUS MENYONTEK]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA DENGAN KASUS MENYONTEK)
Download (588kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wijayanti, Arni. 2018. “Efektivitas Konseling Rational Emotive Behaviour TeknikReinforcement Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Dengan Kasus Menyontek”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons., Pembimbing II Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd. Kons. Kata Kunci: konseling kelompok, kepercayaan diri, menyontek Menyontek merupakan salah satu perilaku negatif adanya persaingan antar remaja untuk berprestasi akademik dilatarbelakangi motivasi yang berbeda. Usaha yang dilakukan setiap remaja berbeda pula bergantung dari pribadi dan pemahaman yang dimiliki oleh masing-masing remaja, salahsatu yang dapt mereduksi perilaku menyontek adalah meningkatnya kepercayaan diri. Kepercayaan diri merupakan sikap positif yang dimiliki individu untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Diperlukan sebuah intervensi khusus untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada siswa dengan kasus menyontek. Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah Rational Emotive Behaviour teknik Reinforcement. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling Rational Emotive Behaviour teknik Reinforcement untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa dengan kasus menyontek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitianquasi eksperiment designdengan nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data dengan skala kepercayaan diri dan skala menyontek. Subyek dalam penelitian ini adalah 14 orang yang dibagi menjadi 7 orang kelompok eksperimen dan 7 orang kelompok control dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini secara kuantitatif ditemukan bahwa ada perbedaan tingkat kepercayaan diri pada siswa dengan kasus menyontek sebelum dan sesudah mendapatkan konseling REB. Dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank test dengan taraf signifikansi 5% dengan nilai Z=3,925, p<0,01. Dengan kata lain bahwa konseling REB teknik Reinforcementefektif untuk meningkatkan kepercayan diri pada siswa dengan kasus menyontek. Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa konseling REB teknik reinforcement secara signifikan terbukti efektif meningkatkan kepercayaan diri pada siswa dengan kasus menyontek, sehingga harapannya perlu untuk melakukan pendekatan khususnya Rational Emotive Behaviour untuk menangani masalah yang sejenis dengan masalah dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: konseling kelompok, kepercayaan diri, menyontek
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:54
Last Modified: 26 Oct 2020 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40611

Actions (login required)

View Item View Item