PEKALONGAN HERITAGE CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR SIMBIOSIS LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR


DEDE KURNIAWAN, 5112413022 (2020) PEKALONGAN HERITAGE CENTER DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR SIMBIOSIS LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112413022.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Pekalongan merupakan daerah yang berada di Jawa tengah. Kota Pekalongan memiliki banyak heritage. Salah satunya adalah batik. Batik merupakan ciri khas atau identitas dari Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari tagline Kota Pekalongan yaitu “World City of Batik”. Heritage kota Pekalongan tak hanya batik, ada tradisi dan upacara adat yang hanya dilakukan dipekalongan seperti tradisi pehcun dan syawalan. Tradisi tersebut sampai sekarang masih dilakukan. Selain itu ada juga tari tradisional, yang perlu dilestarikan. Terdapat pula bangunan heritage yang sampai sekarang masih digunakan. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, orang mulai melupakan heritage, bahkan anak muda putra daerah tak jarang yang tidak tahu apa saja heritage di kota Pekalongan. Isu generasi milenial yang kurang mengerti dan melestarikan heritage Pekalongan ini menjadi latar belakang perencanaan Pekalongan Heritage Center. Perencanaan ini akan memberi wawasan mengenai heritage Pekalongan kepada masyarakat dengan kemasan yang menarik. Agar masyarakat lebih ingin mengetahui apa itu heritage. Pekalongan Heritage ini juga akan mengakomodasi pelatihan tari tradisional. Pekalongan Heritage Center merupakan sarana yang diperlukan untuk meningkatkan kesadaran akan Heritage kota Pekalongan, dengan pendekatan Arsitektur Simbiosis yang mana membawa unsur tradisional yang dikemas dengan unsur modern sehingga menjadi dinamis dan tak lekang oleh zaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Heritage; Pekalongan; Arsitetur Simbiosis;
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:40
Last Modified: 26 Oct 2020 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40586

Actions (login required)

View Item View Item