Tingkat Pengetahuan dan Sikap (K3) Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti Pada Praktik Bangunan di SMK N Jawa Tengah


Didik Saputra, 5101414040 (2020) Tingkat Pengetahuan dan Sikap (K3) Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti Pada Praktik Bangunan di SMK N Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101414040.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan kecerdasan, keterampilan, serta mengembangkan potensi diri untuk dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab, kreatif dan cerdas. Oleh sebab itu pengembangan potensi peserta didik menjadi salah satu tugas penting penyelenggaraan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana pengetahuan peserta didik tentang K3 teknik bisnis konstruksi dan properti di SMK N Jawa Tengah dan bagaimana sikap peserta didik tentang K3 teknik bisnis konstruksi dan properti di SMK N Jawa Tengah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan suatu fenomena, peristiwa, gejala, melakukan menggunakan data kuantitatif maupun kualitatif. dalam penelitian ini metode wawancara, tes, angket, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pengetahuan dan sikap K3 siswa kelas X1 program keahlian Teknik Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK N Jawa Tengah. Pengetahuan K3 pada SMK Negeri Jawa Tengah telah tersusun dalam kurikulum sekolah. Pada SMK N Jawa Tengah telah diterapkan K3 khususnya pada keselamatan penggunaan alat kerja yang proses pengajarannya terintegrasi dengan pelajaran praktik. Pelaksanaannya dilakukan sebelum praktikum dimulai dan disesuaikan dengan SOP pada tahapan pembelajaran yang akan dilakukan. Hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa Tingkat pengetahuan siswa kelas X1 Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri Jawa tengah tentang K3 memperoleh hasil 65% dengan kategori BAIK.Tingkat Sikap siswa kelas XI program keahlian Teknik Bisnis Kontruksi dan Properti SMK N Jawa Tengah dalam melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebesar 95% termasuk dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian terkait dengan pengetahuan dan sikap tentang K3 oleh siswa kelas X1 Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri Jawa Tengah diperlukan adanya peningkatan pengetahuan siswa salah satunya dapat dilakukan dengan cara penggunaan jobsheet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Deskriptif, Kuantitatif, Kualitatif, Pengetahuan peserta didik, Sikap peserta didik, Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3)
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:07
Last Modified: 26 Oct 2020 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40581

Actions (login required)

View Item View Item