PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN DASAR POLA KELAS X DI SMK YPPM BOJA


Nita Candra Sari, 5401414014 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN DASAR POLA KELAS X DI SMK YPPM BOJA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN DASAR POLA KELAS X DI SMK YPPM BOJA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN DASAR POLA KELAS X DI SMK YPPM BOJA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelajaran Dasar Pola ditempuh oleh siswa kelas X yang pada dasarnya memiliki tingkat pemahaman yang bervariasi dalam belajar pola yang masih ada kaitannya dengan mata pelajaran produktif lain di kelas XI, oleh karena itu siswa membutuhkan bahan belajar mandiri yang dapat dipelajari sesuai dengan tingkat pemahaman masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembelajaran Dasar Pola siswa kelas X SMK YPPM Boja; 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran Dasar Pola siswa kelas X SMK YPPM Boja; 3) mengetahui tanggapan 28 siswa kelas X SMK YPPM Boja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang telah disederhanakan menjadi enam tahap yang meliputi: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain modul; 4) validasi modul; 5) revisi modul; 6) ujicoba modul. Validasi dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli media dan pengguna ahli/guru mata pelajaran Dasar Pola. Modul yang telah direvisi selanjutnya diujicobakan kepada kelas X yang menempuh mata pelajaran Dasar Pola di SMK YPPM Boja berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian berupa: 1) Prosedur pengembangan modul telah disederhanakan menjadi enam tahapan; 2) Tingkat kelayakan media modul sebagai media pembelajaran Dasar Pola kelas X dari hasil uji kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna ahli rata-rata 91,4%.; 3) Penilaian modul oleh siswa memperolehan hasil 86,8%. Simpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Penyederhanaan tahapan penelitian pengembangan menjadi 6 langkah; 2) Modul yang telah divalidasi dikategorikan sangat layak oleh ahli materi, media, dan pengguna ahli; 3) Hasil penilaian modul Dasar Pola oleh 28 siswa kelas X SMK YPPM Boja dikategorikan sangat layak. Saran yang dapat diajukan untuk penelitian yang serupa yakni: 1) Dapat menambah kompetensi dasar dan materi pokok dalam isi modul; 2) Tahapan penelitian dapat dilanjutkan hingga tahap menguji keefektifannya; 3) Jumlah pernyataan setiap aspek dalam lembar validasi ahli hendaknya memiliki jumlah soal pernyataan yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul, Pola Dasar, Sistem praktis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:22
Last Modified: 26 Oct 2020 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40566

Actions (login required)

View Item View Item