PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BATIK
Alfi Sa’adah, 5401414003 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BATIK. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BATIK Skripsi Diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Tata Busana)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prodi Pendidikan Tata Busana mempunyai beberapa mata kuliah yang harus ditempuh salah satu diantaranya adalah mata kuliah Batik. Mata kuliah Batik memerlukan media untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Alat bantu berupa media pembelajaran diharapkan akan membuat mahasiswa dan dosen terbantu dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang pernah digunakan, yakni berupa media power point dan contoh hasil karya mahasiswa sebelumnya, selama proses wawancara, dosen membutuhkan media tambahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis audio visual (video) pada mata kuliah Batik, 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran materi batik mata kuliah Batik pada mahasiswa Pendidikan Tata Busana di Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan yang dilakukan berdasarkan pengembangan Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi (Puslitjaknov) yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi dan revisi, uji coba dan revisi, hasil produk. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Angket dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Validasi media dilakukan oleh tiga orang ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan pada mahasiswa prodi Pendidikan Tata Busana tahun angkatan 2015 Universitas Negeri Semarang yang telah menempuh mata kuliah Batik sebagai mata kuliah pilihan berjumlah 24 mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan media pembelajaran berupa video untuk Mata Kuliah Batik. Hasil uji kelayakan media video oleh validator diperoleh persentase rata-rata 88,6% (sangat layak), sedangkan penilaian mahasiswa diperoleh persentase sebesar 82,8% (layak). Simpulan dari penelitian ini adalah adanya kebutuhan pengembangan media video pembelajaran pada mata kuliah Batik. Tingkat kelayakan media video pembelajaran oleh tiga ahli diperoleh rata-rata sebesar 88,6% (sangat layak), kemudian hasil penilaian mahasiswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,8% (layak), sehingga media video pembelaaran dinyatakan layak untuk digunakan dalam mata kuliah Batik. Saran yang dapat diberikan adalah, bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian yang serupa disarankan untuk dapat melakukan penelitian hingga menguji keefektifan penggunaan media.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Batik, Pengembangan Media, Video Pembelajaran. |
Subjects: | T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1 |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 02:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 02:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40564 |
Actions (login required)
View Item |