TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA MODISTE OMAH JAHIT DYAH WAHYU DI KECAMATAN MAGELANG SELATAN


Elsara Rizky Wulansari, 5401413049 (2019) TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA MODISTE OMAH JAHIT DYAH WAHYU DI KECAMATAN MAGELANG SELATAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA MODISTE OMAH JAHIT DYAH WAHYU DI KECAMATAN MAGELANG SELATAN]
Preview
PDF (TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA MODISTE OMAH JAHIT DYAH WAHYU DI KECAMATAN MAGELANG SELATAN) - Published Version
Download (604kB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting kaitannya dengan pengembangan usaha. Pelanggan yang memiliki kepuasan tinggi akan senantiasa menggunakan produk dan jasa yang disediakan industri, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh tawaran dari industri lainnya. Omah Jahit Dyah Wahyu merupakan salah satu modiste yang dikenal bagus dalam segi kualitas jasa dan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pelanggan pada modiste Omah Jahit Dyah Wahyu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan adalah pelanggan yang menggunakan jasa modiste Omah Jahit Dyah Wahyu minimal sebanyak 2x dalam kurun waktu 2 tahun terakhir yaitu sebanyak 57 responden. Jumlah sampel yang digunakan sebagai penelitian menggunakan rumus Slovin yaitu bila dikehendaki kepercayaan sampel terhadap populasi 10% atau tingkat kesalahan 10% maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 36 responden (pelanggan modite Omah Jahit Dyah Wahyu). Pengambilan data diambil menggunakan teknik probability sampling, yaitu sampel yang memberikan peluang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Jenis teknik probability sampling yang digunakan yaitu simple random sampling (pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata). Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien sebesar 0,96. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pelanggan pada modiste Omah Jahit Dyah Wahyu berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 73,44%. Simpulan penelitian yaitu: Hasil kepuasan pelanggan pada modiste Omah Jahit Dyah Wahyu di Kota Magelang masuk dalam kategori tinggi. Hal tersebut terbukti dalam survei dengan membagikan angket berupa kuesioner kepada pelanggan yang terpilih menjadi responden.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, kualitas Produk, Kualitas Jasa,
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:19
Last Modified: 26 Oct 2020 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40561

Actions (login required)

View Item View Item