KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG PECANGAAN JEPARA
Mohammad Ilham, 1401416249 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG PECANGAAN JEPARA)
- Published Version
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran memiliki peran dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Pentingnya peran guru menerapkan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Hasil pra penelitian di kelas V SDN di Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara menunjukan proses pembelajaran kurang keterlibatan secara aktif dari para siswa, yang berdampak perolehan hasil belajar muatan pembelajaran IPS belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan menguji keefektifan model pembelajaran role playing berbantuan media audio terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS kelas V SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Prosedur penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan SDN 1 Pecangaan Wetan sebagai kelas eksperimen dan SDN 5 Pecangaan Wetan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pretest-posttest dan non tes berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran menggunakan model role playing berbantuan media audio efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya kelas V SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test menunjukan bahwa nilai ????ℎ???????????????????? =3,013 > ???????????????????????? =2,002, sehingga Ha diterima. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (0.418 > 0.260) kriteria sedang. Hasil uji ketuntasan belajar diketahui bahwa pada kelas eksperimen diperoleh ????ℎ???????????????????? = 1,476 > ????????????????????????=−1,645, maka H0 diterima. Observasi aktifitas siswa menunjukan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82% dibandingkan kelas kontrol yaitu 64%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran role playing berbantuan audio efektif terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Pecangaan Jepara. Saran agar pembelajaran muatan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran inovatif seperti model role playing berbantuan media audio sesuai materi dan sintaks model role playing sehingga pembelajaran menjadi efekif dan memperoleh hasil yang optimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | audio; hasil belajar; IPS; role playing |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40474 |
Actions (login required)
View Item |