PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS FABEL PERANCIS UNTUK SMA KELAS XII


Marizka Khoirunnisa, 2301415040 (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS FABEL PERANCIS UNTUK SMA KELAS XII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS FABEL PERANCIS UNTUK SMA KELAS XII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS FABEL PERANCIS UNTUK SMA KELAS XII) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fabel Perancis merupakan salah satu kompetensi dasar yang baru di kurikulum 2013. Fabel adalah kisah kehidupan manusia yang digambarkan melalui media hewan maupun tumbuhan serta memuat nilai-nilai sosial. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, guru kesulitan mencari materi fabel yang sesuai dengan kemampuan siswa SMA, materi yang digunakan didapat dari internet yang mana menggunakan bahasa tingkat tinggi. Dari penelitian sebelumnya Safira (2018) menghasilkan buku bergambar fabel Perancis yang telah disederhanakan untuk pemula sehingga buku tersebut dapat digunakan sebagai materi pembelajaran untuk siswa SMA, namun buku tersebut belum dilengkapi dengan program pembelajaran, soal-soal maupun evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kumpulan rencana pelaksanaan pembelajaran fabel Perancis untuk SMA kelas XII sehingga nantinya produk dari penelitian ini dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan mengadopsi lima langkah yakni merumuskan potensi masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi, dan revisi desain. Hasil penelitian ini berupa buku RPP berbasis fabel Perancis untuk SMA kelas XII. Buku ini terdiri dari 12 RPP dengan cerita yang berbeda yang disusun sesuai dengan kemampuan siswa SMA kelas XII. Desain produk ini juga telah melalui tahap validasi dan produk ini telah diperbaikan sesuai saran dari ahli sehingga produk ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Perancis untuk kompetensi fabel Perancis, namun produk ini masih perlu diuji keefektifannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fabel Perancis, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:08
Last Modified: 23 Oct 2020 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40458

Actions (login required)

View Item View Item