HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL PJOK SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG
Zahrotun Nasihah, 1401416181 (2020) HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL PJOK SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL PJOK SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Hasil Belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Motivasi dan disiplin menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang diketahui bahwa tingkat motivasi siswa dalam belajar dan disiplin belajar siswa masih rendah ditandai dengan kurangnya motivasi siswa dalam belajar dan disiplin siswa dalam belajar secara rutin, selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK masih rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan motivasi dengan hasil belajar PJOK siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang, (2) menguji hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar PJOK siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang, (3) menguji hubungan motivasi dan disiplin belajar dengan hasil belajar PJOK siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang yang berjumlah 119 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Sampel Jenuh dengan semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan: (1) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK, nilai rhitung = 0,742 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55,1%; (2) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PJOK, nilai rhitung = 0,456 dan termasuk dalam kategori sedang serta berkontribusi sebesar 20,8%; (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar PJOK, nilai rhitung = 0,743 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55,1%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar PJOK siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan disiplin belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi; disiplin belajar; hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40455 |
Actions (login required)
View Item |