PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN LITERASI MEMBACA BERORIENTASI PISA BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI KOTA SEMARANG
Sri Katoningsih, 0101615012 (2019) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN LITERASI MEMBACA BERORIENTASI PISA BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI KOTA SEMARANG. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN LITERASI MEMBACA BERORIENTASI PISA BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI KOTA SEMARANG)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sri Katoningsih, 2019. “Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Literasi Membaca Berorientasi PISA Berbasis Mobile Learning Untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Semarang”. Disertasi. Program Studi Manajemen Kependidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. H. AT Soegito, M.M., Kopromotor Prof. Dr. Totok Sumaryanto, M.Pd., Anggota Promotor Prof. Dr. Soesanto, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen pelatihan, Literasi Membaca, PISA, Mobile Learning. Manajemen pelatihan di era disrupsi ini membutuhkan inovasi dalam proses pelatihan agar pelatihan menjadi lebih efektif. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menganalisis manajemen pelatihan literasi membaca untuk guru Bahasa Inggris di SMA Negeri Kota Semarang; (2) Menganalisis pengembangan model manajemen pelatihan literasi membaca berorientasi PISA berbasis mobile learning untuk guru Bahasa Inggris di SMA Negeri Kota Semarang; (3) Menganalisis model final manajemen pelatihan literasi membaca berorientasi PISA berbasis mobile learning untuk guru Bahasa Inggris di SMA Negeri Kota Semarang. Desain penelitian digunakan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall dan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru Bahasa Inggris SMA di Kota Semarang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer berupa hasil wawancara dan angket, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen dan foto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen, angket dan tes. Teknik analisis data kualitatif menggunakan interactive analysis model sedangkan data kuantitatif menggunakan sample paired t-test dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas terpenuhi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model faktual manajemen pelatihan masih menggunakan cara yang konvensional dan kemampuan literasi membaca guru masih rendah. (2) pengembangan model manajemen pelatihan literasi membaca berorientasi PISA berbasis mobile learning dilakukan didapatkan melalui expert judgment dan praktisi; (3) model final menunjukkan bahwa hasil Sig 0, 000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model manajemen pelatihan berbasis MORLISA dapat meningkatkan prestasi literasi membaca guru bahasa inggris SMA di Kota Semarang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) manajemen pelatihan masih memerlukan inovassi agar pelatihan menjadi lebih efektif; (2) penerapan manajemen pelatihan literasi membaca berorientasi PISA berbasis mobile learning sebagai solusi dan inovasi dalam proses pelatihan; (3) model final efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam literasi membaca berorientasi PISA berbasis mobile learning. Saran kepada Dinas Pendidikan untuk menjadikan manajemen pelatihan literasi membaca berorientasi PISA berbasis mobile learning sebagai solusi dalam pelaksanaan pelatihan untuk guru Bahasa Inggris di Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Manajemen pelatihan, Literasi Membaca, PISA, Mobile Learning. |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > L Education (General) > Education Management |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:07 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40454 |
Actions (login required)
View Item |