HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN BANJARNEGARA


Yulia Mulyaningsih, 1401416176 (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan dan kemandirian belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, oleh karena itu, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, siswa harus memiliki kebiasaan belajar dan kemandirian belajar yang baik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Banjarnegara, peneliti menemukan permasalahan bahwa, kebiasaan belajar dan kemandirian belajar siswa masih kurang optimal, selain itu hasil belajar IPS masih rendah, tujuan peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk menguji apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS, serta kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Banjarnegara, sejumlah 114 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini meliputi kebiasaan belajar dan kemandirian belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes; kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV, nilai r hitung> r tabel (0,689 > 0,176) termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 47,7%. (2) terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV nilai rhitung> rtabel (0,706 > 0,176) termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 49,8%. (3) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV, nilai rhitung> rtabel (0,740 > 0,176) termasuk kategori kuat, serta berkontribusi sebesar 54,7%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa; terdapat hubungan yang positif dan signifikana antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Saran dalam penelitian ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kebiasaan belajar dan kemandirian belajarnya sehingga mendapat hasil belajar yang maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar; kemandirian belajar; hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:01
Last Modified: 23 Oct 2020 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40450

Actions (login required)

View Item View Item