HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG


Faizal Fathurrokhman, 1401416136 (2020) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Fasilitas belajar dan minat belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Fasilitas belajar yang memadai dan minat belajar dalam diri siswa yang tinggi, akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi diketahui bahwa fasilitas belajar dan minat belajar siswa kelas V SDN di Kecamatan Batang Kabupaten Batang masih rendah, serta hasil belajar IPS siswa perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini yaitu: menguji hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS; menguji hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS; menguji hubungan antara fasilitas belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 194 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota sejumlah 129 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai koefisien korelasi 0,624 dalam kriteria kuat; ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai koefisien korelasi 0,713 dalam kriteria kuat; ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai koefisien korelasi 0,729 dalam kriteria kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Saran bagi guru hendaknya lebih memperhatikan fasilitas belajar terutama pada alat peraga dan sumber belajar lainnya. Selain itu, siswa hendaknya dapat meningkatkan minat belajar terutama adanya rasa senang untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar; hasil belajar IPS; minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:41
Last Modified: 23 Oct 2020 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40428

Actions (login required)

View Item View Item