PENGEMBANGAN BUKU KOMIK KEBUDAYAAN SEBAGAI MEDIA MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI TEKS CERITA HIKAYAT KELAS X
Irmayanti Nur Aini, 2101415060 (2020) PENGEMBANGAN BUKU KOMIK KEBUDAYAAN SEBAGAI MEDIA MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI TEKS CERITA HIKAYAT KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU KOMIK KEBUDAYAAN SEBAGAI MEDIA MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI TEKS CERITA HIKAYAT KELAS X)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi dalam cerita hikayat masih belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu 1) siswa kesulitan terhadap bahasa Melayu yang digunakan sehingga siswa kurang dapat memahami isi cerita hikayat, 2) guru hanya menggunakan buku paket ketika membelajarkan cerita hikayat, 3) kurang bervariasinya media pembelajaran untuk cerita hikayat . Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan buku komik hikayat kebudayaan sebagai pendamping siswa untuk belajar sehingga membantu siswa untuk memahami cerita hikayat . Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap buku komik kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat, 2) bagaimana prototipe buku komik kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat, 3) bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe buku komik kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat, 4) bagaimana perbaikan prototipe buku komik kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat. Berkaitan dengan permasalahan-permasalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan kebutuhan siswa dan guru terhadap buku komik kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat, 2) menyusun prototipe buku komik bermuatan kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat, 3) menjelaskan penilaian ahli terhadap prototipe buku komik kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat, 4) memaparkan perbaikan prototipe buku komik kebudayaan sebagai media mengidentifikasi nilai dan isi cerita hikayat. Penelitian ini menggunakan metode Reserch and Development (R&D) dengan langkah-langkah yang telah direduksi menjadi limat tahap, yaitu 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desai, dan 5) revisi desain. Dari peneltian yang telah dilakukan data yang diperoleh berupa data kebutuhan siswa dan guru serta data angket uji validasi media buku komik hikayat. Adapun Sumber data kebutuhan untuk mengembangakan media buku komik hikayat kebudayaan ini terdiri atas 60 siswa dan 3 guru dari tiga sekolah yang berbeda, yaitu SMA Negeri 1 Kendal, SMA Negeri 1 Kaliwungu dan SMA Negeri 1 Weleri. Sedangkan sumber data valiadsi yaitu dosen ahli dibidang media buku komik dan dosen ahli
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku komik, cerita hikayat, nilai kebudayaan. |
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:51 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 04:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40395 |
Actions (login required)
View Item |