PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP IKLIM KELAS DI SD NEGERI SE-DABIN III KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL
Muhammad Arif Mukhson, 1401416078 (2020) PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP IKLIM KELAS DI SD NEGERI SE-DABIN III KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP IKLIM KELAS DI SD NEGERI SE-DABIN III KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Iklim kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keterampilan mengelola kelas dan motivasi belajar. Iklim kelas akan berpengaruh terhadap kesuksesan guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Agar mencapai tujuan dalam pembelajaran, maka diperlukan suasana iklim kelas yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara keterampilan mengelola kelas dan motivasi belajar terhadap iklim kelas di SD Negeri se-Dabin III Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Dabin III Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 273 dengan jumlah sampel penelitian 167 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Data masingmasing variabel digambarkan dengan menggunakan anlisis deskriptif. Uji Prasyarat dalam penelitian ini adalah uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Keterampilan mengelola kelas berpengaruh secara signifikan terhadap iklim kelas, dibuktikan dengan thitung>ttabel (4,148>1,974), sumbangan pengaruh variabel keterampilan mengelola kelas dengan iklim kelas sebesar 11% ; 2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap iklim kelas, dibuktikan dengan thitung>ttabel (11,751>1,974), sumbangan pengaruh variabel motivasi belajar terhadap iklim kelas sebesar 45,6%; 3). Keterampilan Mengelola kelas dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap Iklim Kelas, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung> Ftabel (68,695>3,051), sehingga H0 ditolak. Persentase sumbangan pengaruh keterampilan mengelola kelas dan motivasi belajar terhadap iklim kelas sebesar 45,6%,. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengelola kelas dan motivasi belajar terhadap iklim kelas di SD Negeri se-Dabin III Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Guru diharapkan dapat menemukan dan memecahkan perilaku siswa yang menimbulkan masalah di dalam kelas melalui kegiatan pengelolaan kelas, selain itu guru diharapkan selalu memberi motivasi kepada siswanya saat pembelajaran berlangsung agar siswa tidak merasa bosan dan kesulitan dalam mengikuti serta memahami pembelajaran di kelas
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklim Kelas; Keterampilan Mengelola Kelas; dan Motivasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:17 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 04:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40389 |
Actions (login required)
View Item |