KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL


Giovanda Ghufronalazuardy, 1301415085 (2020) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena rendahnya tingkat komunikasi interpersonal pada siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat komunikasi interpersonal pada siswa dapat meningkat melalui layanan bimbingan klasikal dengan metode Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan bimbingan klasikal dengan metode Jigsaw dalam meningkatkan tingkat komunikasi interpersonal pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-postest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 30 dari 125 siswa yang mengikuti pretest. Siswa sebanyak 30 akan di berikan treatment. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala komunikasi interpersonal dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmet berupa layanan bimbingan klasikal dengan metode Jigsaw mengalami peningkatan hasil awal saat pretest sebesar 133,6 dan setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi 238,8 saat postest. Data dari hasil uji Wilcoxon yaitu nilai Asymp.sig 0.000 < 0,05, maka hipotesis penelitian diterima dengan simpulan bahwa bimbingan klasikal dengan metode Jigsaw terbukti efektif untuk meningkatkan tingkat komunikasi interpersonal pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan klasikal, Metode Jigsaw, Komunikasi Interpersonal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:02
Last Modified: 22 Oct 2020 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40368

Actions (login required)

View Item View Item