PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL IPA BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI IT SISWA
Qurrota A’yun, 0402516061 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL IPA BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI IT SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL IPA BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI IT SISWA)
- Submitted Version
Download (732kB) | Preview |
Abstract
Ayun, Qurrota. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Digital IPA Berpendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi IT Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Lisdiana, M.Si. Kata kunci : Bahan ajar digital, Pendekatan STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi IT. Salah satu kecakapan hidup abad ke-21 ini yang perlu dikembangkan dalam proses pendidikan adalah keterampilan berpikir kritis. Pentingnya keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA ini dilatarbelakangi oleh hasil tes PISA tahun 2015. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan untuk berpikir rasional dan reflektif yang berfokus pada keyakinan dan keputusan yang akan dilakukan. Pada penelitian ini, indikator keterampilan berpikir kritis yang diukur adalah memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan lanjut, dan menyimpulkan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang potensial untuk membantu siswa agar terlibat aktif dalam kegiatan belajar dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis ialah dengan pendekatan STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar digital IPA berpendekatan STEM dengan karakteristik tertentu, menentukan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan dari Sugiyono. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 26 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisis data deskriptif terkait kevalidan dan kepraktisan produk, sedangkan untuk mengetahui kefeektifan produk digunakan uji N-gain ternormalisasi dan uji t dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik bahan ajar digital memuat semua komponen pendekatan STEM yang meliputi aspek sains, teknologi, rekayasa, dan matematika secara berimbang, (2) bahan ajar digital yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi materi, media, dan bahasa, (3) bahan ajar digital yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dan (4) kepraktisan penggunaan bahan ajar digital dinilai sangat baik oleh siswa dan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Bahan ajar digital, Pendekatan STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi IT. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 08:02 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 08:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40346 |
Actions (login required)
View Item |