PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN PRAKTIK OTOMOTIF SISTEM BLOK BERBASIS KOMPETENSI


SUPRAPTONO, 0101612032 (2019) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN PRAKTIK OTOMOTIF SISTEM BLOK BERBASIS KOMPETENSI. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN PRAKTIK OTOMOTIF SISTEM BLOK BERBASIS KOMPETENSI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN PRAKTIK OTOMOTIF SISTEM BLOK BERBASIS KOMPETENSI)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

SUPRAPTONO, 2019, Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Praktik Otomotif Sistem Blok Berbasis Kompetensi; Promotor: Prof. Dr. Rusdarti, M.Si., Kopromotor: Prof. Dr. Soesanto, M.Pd., Anggota Promotor: Dr. Titi Prihatin, MPd. Kata Kunci: Model manajemen, Pembelajaran, Berbasis Kompetensi, Kemampuan Praktik Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Analisis pengembangan model manajemen pembelajaran praktik otomotif sistem blok berbasis kompetensi untuk meningkatkan skills bagi mahasiswa lulusan program studi pendidikan teknik otomotif, (2) Implementasi pengembangan model manajemen pembelajaran praktik otomotif sistem blok berbasis kompetensi, dan (3) Mengetahui tingkat keefektivan evaluasi pengembangan model manajemen pembelajaran praktik sistem blok berbasis kompetensi untuk meningkatkan skills bagi mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development, dengan pentahapan, yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan desain model; dan (3) evaluasi model sebagai semi-sumative evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, doku mentasi, observasi, dan angket.Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan praktik tidak menerapkan fungsi-fungsi manajemen, (2) model dikembangkan dengan mengintegrasikan kompetensi lulusan, (3) model pengembangan manajemen pembelajaran praktik otomotif sistem blok berbasis kompetensi memiliki tingkat efektivitas tinggi, dengan kebutuhan praktik blok (86,03 %), perumusan tujuan praktik blok (89,56%), merancang program praktik blok (84,93%), pelaksanaan program praktik blok (82,7%), dan valid dengan tingkat evaluasi manajemen (87,74%), tingkat evaluasi hasil belajar (88,42%), kualitas program (88,81%), fasilitas akademik (83%), fasilitas penunjang (77,97%), dan pelayanan (79,80%). Simpulan, pengembangan model manajemen pembelajaran praktik otomotif sistem blok berbasis kompetensi, efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan skill lulusan. Disarankan, pengelola tingkat Jurusan dan Fakultas untuk menerapkan model manajemen pembelajaran praktik otomotif sistem blok dalam melaksanakan praktik motor bensin dan disel.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model manajemen, Pembelajaran, Berbasis Kompetensi, Kemampuan Praktik
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > Educational Institutions > school management
L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:41
Last Modified: 21 Oct 2020 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40344

Actions (login required)

View Item View Item